Suka Mengkonsumsi Mie Instan Pedas? Awas Bahaya Kesehatan Pada Lambung

DokterSehat.Com – Meskipun sudah dikenal luas sebagai bahan makanan yang tidak sehat, dalam realitanya, berbagai varian rasa dari mie instan terlalu menggiurkan bagi kita sehingga membuat kita sangat ingin mengkonsumsinya. Sebagai contoh, mie instan pedas kini menjadi salah satu jenis makanan yang paling digemari di Indonesia, yang memang memiliki masyarakat yang gemar mengkonsumsi makanan pedas. Memang, mie instan pedas bisa memberikan sensasi nikmat dan segar yang luar biasa. Namun, menurut pakar kesehatan, konsumsi mie instan pedas ternyata bisa memberikan dampak kesehatan yang kurang baik bagi lambung kita.

doktersehat-mie-bakmi

Pakar kesehatan spesialis gizi klinik bernama dr. Stella Evangeline Bela menyebutkan jika mie instan pedas ternyata kurang baik bagi kesehatan lambung sehingga jika kita termasuk dalam orang yang memiliki masalah layaknya maag, ada baiknya menghindari mie instan pedas ini dan makanan-makanan super pedas lainnya. Menurut beliau, mie instan yang pedas ternyata mampu membuat lambung teriritasi dan perut menjadi sangat tidak nyaman.

Dr. Stella yang berasal dari RS Mitra Keluarga di wilayah Bekasi Timur, Jawa Barat ini, menyebutkan jika kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan kafein, memiliki kadar asam tinggi, atau makanan-makanan yang pedas layaknya mie instan pedas, maka lambung akan segera terangsang dan memicu naiknya asam lambung, dispepsia tukak, dan gangguan pencernaan lainnya. Alhasil, perut akan menjadi terasa panas, perih, dan sangat tidak nyaman dalam beberapa waktu.

Karena alasan inilah, ada baiknya kita berhati-hati dalam mengkonsumsi mie instan pedas. Selain mie instan memang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita, rasa pedas yang ekstrim dari mie ini juga diyakini bisa memicu masalah pada lambung kita. Dr. Stella justru lebih menyarankan konsumsi makanan yang jauh lebih netral dan memiliki tekstur lembut andai kita memang cenderung mudah terkena masalah pada lambung.