Suka Mengkonsumsi Donat Saat Sarapan? Awas Terkena Stres

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika apa yang kita makan di pagi hari akan menentukan kesehatan tubuh sekaligus kesehatan pikiran kita? Pakar kesehatan dari Mount Sinai School of Medicine bernama Shanna Levine, MD, menyebutkan jika kebanyakan manusia akan memakan apa yang bisa ia makan atau apa yang bisa dimasak secara sederhana di pagi hari. Waktu yang mepet dan tuntutan untuk berada di tempat kerja tempat waktu membuat banyak orang berpikir jika asalkan mereka sudah sarapan, maka mereka sudah mendapatkan sumber energi yang cukup sehari-hari. Padahal, andai kita asal mengkonsumsi makanan saat sarapan, bisa jadi kita akan lebih mudah terkena stres.

doktersehat-makanan-manis-gula

Salah satu jenis makanan yang cukup banyak dikonsumsi oleh mereka yang tergesa-gesa adalah donat. Donat memang cenderung mudah didapatkan di pagi hari dengan cepat dan bisa dikonsumsi dimana saja, baik itu di rumah, di kendaraan, atau bahkan saat kita sudah berada di tempat kerja. Sayangnya, menurut Levine, donat adalah salah satu pilihan makanan sarapan yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh.

Menurut Levine, donat hanya memiliki kandungan karbohidrat sederhana dan ditambah dengan gula. Kandungan nutrisi ini bukanlah sumber energi yang baik dan setelah beberapa saat, kita akan segera merasakan lapar kembali setelah mengkonsumsinya. Tingginya kandungan gula juga akan memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras untuk mengkonsumsinya sehingga yang terjadi adalah tubuh akan lebih mudah terasa lelah. Andai kita mudah merasa lelah dan lapar, sementara aktivitas harian kita cukup padat, maka kita pun akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dan melakukan berbagi hal dengan baik. Alhasil, secara emosi kita akan lebih mudah mengalami stress hingga depresi.

Baca Juga:  Depresi Bisa Memicu Penuaan Dini

Levine sama sekali tidak merekomendasikan donat sebagai makanan saat sarapan dan Ia justru lebih menyarankan konsumsi makanan yang kaya protein dan lemak sehat layaknya segelas smoothie dari buah-buahaan tanpa gula dan dipadu dengan sandwich gandum dengan telur dan juga alpukat. Sarapan ini diyakini akan membantu pikiran kita dari rasa stres seharian.