Suka Menggunakan Earphone Bisa Menyebabkan Telinga Gatal

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan bahwa telinga termasuk dalam organ tubuh yang memiliki cukup banyak jaringan saraf. Salah satu dari jaringan saraf tersebut adalah yang menerima sinyal gatal. Karena alasan inilah kita cenderung kerap merasakan gatal pada telinga. Menurut pakar kesehatan, kegiatan sehari-hari kita atau bahkan beberapa kondisi kesehatan tertentu ternyata bisa membuat telinga mudah gatal-gatal. Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari telinga gatal tersebut?

doktersehat-telinga-masuk-air-gatal-jerawat

Kulit kering
Saat telinga tidak memproduksi zat lilin atau earwax alami dengan cukup, maka telinga akan menjadi lebih kering. Sebagai informasi, zat lilin atau earwax ini memiliki fungsi sebagai pelumas bagian dalam telinga sehingga andai produksinya kurang, maka telinga yang kering akan memicu munculnya rasa gatal-gatal atau bahkan pengelupasan pada kulit telinga.

Menggunakan earphone atau alat bantu dengar lainnya
Jika kita memakai earphone atau alat bantu dengar dengan tidak tepat, layaknya dengan menekan telinga terlalu dalam atau menggunakannya dalam waktu yang terlalu lama, maka hal ini ternyata bisa menyebabkan munculnya rasa gatal pada telinga.

Terkena psoriasis
Salah satu masalah kulit yang bisa menyebabkan telinga gatal adalah psoriasis. Psoriasis sendiri adalah kondisi dimana kulit mengalami peradangan yang cukup parah sehingga menimbulkan ruam-ruam kemerahan, kulit yang menebal, kering, bersisik, dan mudah terkelupas.

Infeksi kulit pada lubang telinga
Infeksi kulit pada lubang telinga biasanya terjadi karena adanya peradangan pada bagian tersebut. Biasanya, peradangan ini terjadi sebagai reaksi alergi pada benda-benda asing layaknya anting. Selain itu, ada pula infeksi kulit aural eczematoid dermatitis yang juga bisa memicu gatal-gatal pada telinga.

Otitis externa
Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi pada bagian luar lubang telinga yang bisa memicu gatal-gatal, rasa sakit, pembengkakan, hingga kulit kemerahan.