Suka Menggunakan Bulu Mata? Waspada Masalah Kesehatan Berikut

DokterSehat.Com– Salah satu cara untuk membuat wajah menjadi semakin terlihat cantik adalah dengan menggunakan bulu mata palsu. Dengan memakainya, maka bulu mata akan terlihat lebih lentik dan menarik. Meskipun bisa membuat penampilan kita menjadi lebih baik, pakar kesehatan ternyata menyebutkan bahwa penggunaan bulu mata ternyata bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Apa sajakah dampak tersebut?

doktersehat-minyak-kemiri-eyebrow-tebal-alis-mata-alergi

Mata terasa berat
Bagi mereka yang tidak terlalu sering menggunakan bulu mata sebelumnya atau yang tidak tahu cara menggunakan bulu mata palsu dengan benar, maka hal ini akan membuat mata akan menjadi terasa berat sepanjang hari. Jangan salah, meskipun ringan, bulu mata palsu memang bisa membuat kelopak mata menjadi terasa lebih berat dan mudah terasa pegal. Cukup banyak orang yang bahkan mengaku jika mereka merasa mengantuk seharian akibat dari penggunaan bulu mata palsu dalam waktu yang lama.

Bulu mata asli justru hilang
Karena kita kurang benar dalam menempatkan bulu mata palsu, maka saat kita melepaskannya, yang terjadi adalah bulu mata asli akan ikut tercabut. Jika hal ini kerap terjadi, maka bulu mata pun dikhawatirkan akan habis. Padahal, menurut pakar kesehatan, jika bulu mata cukup sering tercabut, maka bulu ini cenderung semakin sulit untuk tumbuh kembali. Hal ini tentu membuat mata tidak lagi memiliki penyaring alami yang melindungi mata.

Iritasi
Sebagian orang yang menggunakan bulu mata palsu mengaku jika kelopak matanya mengalami iritasi. Iritasi ini kerap kali muncul pada mereka yang memiliki kulit mata yang sensitif pada lem bulu mata palsu. Tak hanya itu, kita kerap kali tidak benar-benar membersihkan kulit kelopak mata setelah melepas bulu mata palsu sehingga akhirnya memicu iritasi.

Baca Juga:  Jangan Dikucek, Ini Cara Terbaik Mengatasi Gatal Pada Mata

Dengan adanya fakta ini, kita sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakan bulu mata palsu. Ada baiknya juga kita tidak menggunakannya terlalu sering demi menjaga kesehatan area mata.