Suka Mencuri Waktu Tidur Ternyata Kurang Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengeluhkan rasa lelah yang berlebihan setiap harinya. Selain karena kesibukan aktivitas harian layaknya pekerjaan, kecenderungan masyarakat modern yang tidur pada larut malam membuat banyak orang merasa kurang mendapatkan waktu tidur yang cukup. Karena rasa lelah yang mendera ini, banyak orang yang akhirnya mencuri waktu tidur, khususnya di sela-sela pekerjaan mereka atau setidaknya saat masa istirahat. Memang, mencuri waktu tidur, meskipun itu sangat sebentar yakni 10 hingga 15 menit saja, akan terasa sangat membantu kita mendapatkan kembali kesegaran tubuh. Namun, bagi pakar kesehatan hal ini ternyata bisa kurang baik untuk kesehatan tubuh.

doktersehat-kurang-tidur-diabetes-jantung

Pakar kesehatan menyebutkan jika memang dengan tidur siang dengan singkat, kita bisa membuat tubuh kembali segar dan bisa melanjutkan pekerjaan dengan konsentrasi yang jauh lebih baik. Sayangnya, melakukan tidur siang secara singkat ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The American College of Cardiology yang melibatkan 300 ribu partisipan menunjukkan fakta mengejutkan dimana dengan mencuri waktu tidur selama 40 menit saja, kita bisa meningkatkan tekanan darah, kolesterol jahat, hingga kegemukan dan masalah metabolisme pada tubuh. Jika mencuri waktu tidur ini bisa mencapai 90 menit atau bahkan lebih, maka kita juga meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

Uniknya, jika kita tidur siang dengan waktu yang cenderung singkat, yakni sekitar 20 menit saja, kita justru terbebas dari resiko masalah metabolisme tubuh tersebut. Hal ini berarti, andai kita ingin mendapatkan waktu tidur siang berkualitas dan tubuh bugar kembali, lakukan saja dengan singkat. Namun, perlu diingat bahwa jika kita kerap kurang mendapatkan waktu tidur yang cukup dan mengandalkan tidur siang saja, tentu kesehatan tubuh kita tetap saja memburuk. Segera perbaiki waktu tidur malam kita agar cukup 7 hingga 8 jam setiap harinya.