Suka Memposting Foto Bayi? Bisa Jadi Ibu Mengalami Masalah Psikologis

DokterSehat.Com – Berkembangnya media sosial sebagai sarana interaksi sesama manusia modern telah mengubah kehidupan manusia. Kini, kita bahkan bisa dengan mudah mengetahui adanya bayi yang baru saja dilahirkan oleh teman atau saudara kita yang berasal dari tempat yang jauh mengingat orang tuanya biasanya akan langsung segera memposting foto anaknya di media sosial sebagai kabar bahagia. Namun, banyak dari ibu yang saat merawat bayi ini kemudian memposting begitu banyak foto bayinya yang sedang dalam posisi makan, tidur, tersenyum, dan hal lainnya. Apakah hal ini normal adanya?

doktersehat-ibu-bayi-suara-perkembangan-otak

Pakar kesehatan Sarah Schoppe-Sullivan yang berasal dari Ohio State University, Amerika Serikat menyebutkan jika ibu yang terlalu sering memposting foto bayi atau anaknya di media sosial bisa jadi justru mengalami gangguan psikologis berupa krisis identitas. Menurut beliau, ibu-ibu ini sedang dalam fase kebingungan atau adaptasi diantara identitas baru dari awalnya hanyalah seorang gadis biasa menuju identitas berupa seorang ibu. Seringkali, krisis identitas ini membuat para ibu mengalami guncangan emosional yang tidak disadari sehingga Ia pun membutuhkan pujian atau sanjungan dari media sosial melalui foto-foto bayinya yang seakan-akan menunjukkan dirinya berbahagia dan mengalami kehidupan yang positif sebagai seorang ibu baru.

Schoppe-Sullivan mengungkapkan jika fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang melibatkan 127 wanita yang baru saja menjadi ibu. Dari penelitian ini, diketahui bahwa ibu-ibu yang suka memposting foto anaknya di media sosial justru mengalami tekanan dimana Ia ingin menjadi ibu yang sempurna. Padahal, dalam kehidupan aslinya, Ia berjuang keras beradaptasi dengan peran barunya menjadi ibu. Foto-foto bayi pada sosial media inilah yang menjadi harapannya untuk mendapatkan rasa bahagia dari sanjungan atau pujian akan lucunya anak yang ia rawat.

Baca Juga:  Demi Menjaga Sistem Kekebalan Tubuhnya, Wanita Ini Rela Meminum Jus Sperma

Tak hanya soal sanjungan dan pujian, dengan memasang foto anak di media sosial, ibu juga akan cenderung lebih tenang, tidak mudah panik atau bahkan merasa khawatir untuk menjalani perannya sebagai seorang ibu karena merasa mendapatkan dukungan dari banyak orang.