Suka Membaca Ternyata Bisa Membuat Usia Kita Panjang

DokterSehat.Com – Salah satu hobi yang cukup banyak disukai oleh banyak orang adalah membaca. Membaca dianggap sebagai salah satu cara bagi orang untuk bisa mengetahui banyak hal; dari yang berupa ilmu pengetahuan, cerita-cerita dari dunia lain yang belum tentu bisa dilihat secara langsung secara nyata, atau bahkan tentang hal-hal baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Membaca juga kerap kali dianggap sebagai cara bagi kita untuk berimajinasi dan berpikir tentang banyak hal. Jika anda adalah orang yang suka membaca, beruntunglah karena pakar kesehatan menyebutkan jika mereka dengan hobi membaca ternyata akan cenderung memiliki umur yang panjang.

doktersehat-tidur-siang-sehat-kreatif-kantor-kerja

Sebuah penelitian yang dilakukan di Yale University dilakukan untuk mempelajari hobi membaca dengan kesehatan dan usia yang panjang. Hasil penelitian ini pun kemudian dipublikasikan di jurnal Social Science and Medicine dimana diketahui bahwa orang-orang yang rajin membaca akan hidup lebih lama jika dibandingkan dengan mereka yang tidak membaca.

Penelitian ini sendiri melibatkan 3.635 partisipan dimana mereka dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang membaca dengan durasi total tiga setengah jam setiap minggunya. Sementara itu, kelompok kedua adalah yang memiliki waktu baca lebih lama dari tiga setengah jam, dan sisanya adalah mereka yang tidak membaca sama sekali. Ada beberapa faktor yang juga ikut dipertimbangkan dari status pendidikan, status ekonomi, jenis kelamin, hingga usia. Hasilnya adalah, mereka yang hobi membaca akan dua tahun hidup lebih lama jika dibandingkan dengan mereka yang tidak suka membaca.

Dengan rutin membaca hingga durasi 3,5 jam setiap minggunya, resiko untuk meninggal pada 12 tahun ke depan bahkan diyakini akan menurun hingga 17 persen. Dengan adanya fakta ini, tentu tidak akan ada salahnya jika kita mulai mengawali hobi membaca, bukan?