Suka Memakai Gelas Warna-Warni Ternyata Berbahaya

DokterSehat.Com– Tak hanya gelas beling atau gelas plastik, cukup banyak orang yang tertarik untuk menggunakan gelas warna-warni yang terbuat dari bahan enamel karena memiliki penampilan yang menarik, khususnya bagi anak-anak. Sayangnya, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Plymouth, gelas warna-warni ini ternyata kurang baik untuk digunakan.



Dalam penelitian ini, terdapa 200 gelas berbahan enamel dan kaca yang dites oleh para peneliti. Hasilnya ternyata sangat mengejutkan dimana 134 gelas ternyata memiliki bahan kimia cadmium dan 139 gelas memiliki kandungan timbal. Adanya bahan kimia ini dikhawatirkan bisa mengkontaminasi minuman yang ditempatkan pada gelas tersebut dan berpotensi memicu keracunan jika kita konsumsi.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa paparan cadmium dalam jangka panjang bisa memicu kerusakan pada organ ginjal, paru-paru, atau bahkan tulang. Sementara itu, paparan timbal yang berlebihan dalam waktu lama juga bisa memicu gangguan kesehatan pada otak.

Andrew Turner, Ph.D., pemimpin penelitian ini menyebutkan bahwa gelas yang memiliki warna-warni yang menarik, apalagi yang juga memiliki gambar-gambar yang menarik memang bisa membuat anak-anak suka untuk menggunakannya. Sayangnya, gelas-gelas ini ternyata lebih banyak memiliki bahan kimia jika dibandingkan dengan fasilitas bermain di taman yang juga memiliki warna-wrana yang menarik.

Melihat adanya fakta ini, Turner pun menyarankan orang tua untuk tidak membeli gelas berwarna-warni karena meskipun terlihat menarik, hal ini bisa membuat anak terpapar cadmium dan timbal yang sangat berbahaya. Gunakan saja gelas kaca atau yang berbahan enamel namun yang tidak memiliki corak warna-warni karena dianggap lebih aman untuk digunakan.