Suka Melakukan Olahraga Ketahanan Fisik Ternyata Bisa Membuat Otak Semakin Cerdas

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika dengan melakukan berbagai aktifitas layaknya belajar, membaca buku, atau bahkan melakukan permainan yang menguras otak layaknya bermain catur akan berpengaruh besar dalam meningkatkan kecerdasan otak. Padahal, ada banyak faktor lain yang juga ikut mempengaruhi kecerdasan otak ini. Salah satunya adalah denagn rutin melakukan olahraga ketahanan fisik. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-brain-otak-alzheimer-kanker

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di dalam Journal of Physiology menyebutkan jika olahraga yang melibatkan ketahanan fisik layaknya bersepeda, berlari, berenang, basket, sepakbola, bela diri, aerobic, mendayung, atau bahkan dengan rutin melakukan push up akan mampu membuat aktifitas neurogenesis pada otak meningkat dengan signifikan. Hal ini berarti, otak akan lebih baik dalam belajar berbagai hal yang baru dan akan jauh lebih mampu bertahan saat menghadapi berbagai masalah atau kesulitan dalam hidup. Hasil dari penelitian ini sendiri melengkapi hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh neurologis bernama Wendy Suzuki, Ph.D yang menyebutkan jika beberapa latihan fisik layaknya aerobic memang mampu meningkatkan kemampuan otak, daya ingat, dan juga semakin menurunkan kadar stress.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan melibatkan tikus percobaan, dan belum dilakukan pada manusia. Namun, ada perubahan yang mendasar pada aktifitas otak tikus yang cenderung lebih aktif dan dianggap akan memberikan hasil yang sama andai manusia rutin melakuka olahraga ketahanan fisik.

Dengan adanya hasil penelitian ini, maka ada baiknya kita mulai menghentikan malas-malasan dan mulai melakukan beberapa olahraga ketahanan fisik jika ingin lebih cerdas. Selain itu, rutin melakukan olahraga-olahraga ketahanan fisik ini juga akan membuat kita menjadi lebih sehat, lebih bugar, lebih kuat, dan tidak mudah terkena penyakit mengingat sistem imun tubuh juga akan menjadi semakin membaik.