Suka Masturbasi Tapi Menahan Sperma Agar Tidak Keluar, Berbahaya Nggak Sih?

Buah Zakar Sakit atau Testis Nyeri

DokterSehat.Com– Sebagian orang, khususnya remaja pria, melakukan masturbasi demi memuaskan hasrat seksualnya secara solo. Namun, alih-alih membiarkannya mendapatkan ejakulasi yang bisa memberikan kepuasan seksual, ada yang memilih untuk menahan ejakulasinya saat bermasturbasi karena memang tidak ingin kegiatan ini sampai membuatnya mengeluarkan sperma. Sebenarnya, apakah hal ini tidak apa-apa untuk dilakukan?

Pakar kesehatan dr. Andika Surya Atmadja menyebutkan bahwa salah satu trik untuk membuat kita tidak mudah mengalami ejakulasi adalah menahan sperma sesaat sebelum dikeluarkan oleh penis. Hal ini berarti, hal ini cukup wajar dan aman untuk dilakukan. Biasanya, cara menahan sperma ini dilakukan dengan menggenggam batang penis dengan kuat. Yang menjadi masalah adalah, genggaman ini seringkali dilakukan terlalu kuat sehingga bisa memicu rasa nyeri.

Alih-alih menggenggam penis dengan tangan, ada baiknya kita mengalihkan pikiran ke hal lain yang tidak terkait dengan seks demi mencegah ejakulasi. Tak hanya itu, kita juga bisa membuat stamina kita menjadi lebih baik dalam hal menahan ejakulasi dengan rutin melakukan olahraga, mencegah datangnya stress, dan beristirahat dengan cukup.

Meskipun telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bermasturbasi bisa memberikan banyak manfaat, tetap saja pakar kesehatan tidak merekomendasikan kegiatan ini untuk dilakukan, khususnya dengan frekuensi yang terlalu sering. Hal ini disebabkan oleh kemampuan masturbasi yang bisa memicu kecanduan dan akhirnya mengubah pola pikir dan perilaku kita.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik