Suka Mandi Air Dingin Ternyata Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh?

DokterSehat.Com – Bagi sebagian orang, mandi dengan air dingin adalah hal yang kurang nyaman untuk dilakukan, apalagi jika suhu di pagi atau sore hari cenderung dingin karena hujan atau kita tinggal di area yang memang cenderung bersuhu rendah. Namun, tahukah anda jika mandi air dingin bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh? Pakar kesehatan menyebutkan jika mandi air dingin bisa membuat kita menjadi lebih segar di pagi hari sehingga akan siap untuk melakukan berbagai aktifitas. Bahkan, sebuah penelitian terkini menyebutkan jika mandi air dingin bisa membuat sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak

Sebuah penelitian dilakukan di Belanda dan menyebutkan jika ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari rutin mandi air dingin. Selain meningkatkan sirkulasi darah dan daya tahan tubuh, mandi air dingin bisa membuat kita mengatasi stress, membuat pikiran menjadi lebih jernih, dan meningkatkan kewaspadaan. Memang, mandi air dingin akan membuat sensasi kedinginan yang menyiksa pada tubuh. Namun, kita justru akan lebih cepat pulih dari sakit dan tidak akan mudah untuk jatuh sakit karena semakin baiknya sistem kekebalan tubuh jika dibandingkan dengan mereka yang tidak suka mandi air dingin.

Selain mandi dengan air dingin, ad acara lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kewaspadaan, yakni dengan mencelupkan kaki dalam air dingin. Dengan melakukan hal ini, secara tidak sadar kita akan bernafas dengan lebih dalam dan memicu peningkatan detak jantung, kenaikan sirkulasi darah, dan pelepasan endorphin pada tubuh.

Pakar kesehatan dr. Chris van Tulleken bahkan mampu mengatasi depresi pada seorang pasien dengan nama Sarah yang sudah mengkonsumsi obat antidepresan selama delapan tahun. Setelah meminta sang pasien untuk berenang di air dingin secara rutin, Sarah secara pelan-pelan mampu membuat suasana hatinya menjadi lebih stabil dan mengatasi depresi dengan baik.