Suka Makan Sayur Asem Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho

DokterSehat.Com– Salah satu jenis sayuran yang digemari oleh cukup banyak masyarakat tanah air adalah sayur asem. Banyak orang yang menganggap sayur asem sebagai hidangan yang pas untuk dikonsumsi dengan nasi yang hangat, ikan asin, tempe, sambal, dan berbagai lauk lainnya. Saat kita mengkonsumsinya, kita akan merasakan sensasi segar dan nikmat. Tak hanya enak untuk dikonsumsi, pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengkonsumsi sayur asem ternyata bisa memberikan cukup banyak manfaat kesehatan.



Pakar kesehatan dr. Muhammad Anwar Irzan menyebutkan bahwa bahan sayur asem yang berupa buah asem ternyata bisa menjadi obat dari masalah kesehatan seperti konstipasi, gangguan liver, gangguan lambung, dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Tak hanya itu, kandungan di dalam buah asam juga mampu menyembuhkan demam atau batuk.

Berbagai masalah kesehatan tersebut bisa diatasi dengan buah asam karena adanya efek laksativa atau pencahar. Selain itu, buah asam ternyata juga memiliki efek antimikroba yang tentu akan mampu melawan berbagai macam jamur dan bakteri penyebab penyakit.

Dalam sebuah penelitian kesehatan, disebutkan bahwa ekstrak buah asam mampu mengatas masalah kesehatan lainnya seperti mata kering mengingat adanya kandungan senyawa kimia yang mirip dengan cairan mucin yang terdapat pada organ mata kita. Bahkan, sebuah penelitian lainnya juga menunjukkan fakta bahwa berbagai produk olahan yang terbuat dari bahan buah asam, termasuk sayur asam, bisa menurunkan kadar gula dalam darah bagi mereka yang menderita penyakit diabetes.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari sayur asem ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak menggunakan bahan tambahan seperti gula atau garam dengan berlebihan karena kedua bahan ini sangat tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan.