Suka Makan Pempek? Waspadai Dampak Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Pempek adalah salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat tanah air. Bagaimana tidak, makanan khas Sumatera Selatan ini memiliki cita rasa yang sangat menggoyang lidah. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa penggunaan cuka pada pempek ini ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan gigi.

pempek-doktersehat

Photo Credit: Instagram/ rujakcirengbean

Pakar kesehatan dr. Diono Susio, MPH yang merupakan Sekjen dari PB PDGI menyebutkan bahwa gigi sebenarnya adalah salah satu bagian tubuh yang paling kuat dan sulit untuk rapuh. Namun, jika kita menerapkan gaya hidup tidak sehat, khususnya dalam hal kebiasaan mengkonsumsi makanan tertentu, maka gigi ini bisa menjadi rapuh atau rusak. Sebagai contoh, kebiasaan mengkonsumsi pempek yang ada cukanya ini ternyata bisa mengikis kekokohan gigi. Padahal, kebanyakan orang akan mengkonsumsi pempek dengan cara menyiramnya dengan cuka dalam jumlah yang banyak. Padahal, cuka ini sangat asam dan bisa membuat gigi rapuh.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak menyiramkan cuka pempek secara berlebihan saat mengkonsumsinya dan tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan rutin memeriksakan gigi ke dokter demi selalu menjaga kesehatan dan kekuatannya.

Dr. Diono sendiri merekomendasikan kita untuk memeriksakan kondisi gigi setidaknya sekali dalam enam bulan untuk mengetahui apakah ada masalah karang gigi atau gigi berlubang. Selain itu, dengan melakukannya, kita juga akan mendapatkan saran yang tepat untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi kita.