Suka Makan Lele? Ketahui Manfaat Kesehatannya Ini

DokterSehat.Com– Lele termasuk dalam ikan yang kerap dikonsumsi sebagai lauk makanan sehari-hari. Rasanya yang nikmat dan harganya yang terjangkau membuat lele menjadi favorit bagi banyak orang. Jika anda termasuk dalam orang yang suka makan lele, anda adalah orang yang beruntung karena bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan seperti sebagai berikut.



Rendah kalori
Di dalam 100 gram daging lele, kita hanya akan menemukan 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Hal ini berarti, kita tidak akan mudah mengalami kenaikan berat badan setelah mengkonsumsinya. Hanya saja, ada baiknya kita memperhatikan cara memasak lele agar tidak meningkatkan kadar kolesterol, lemak, atau kalorinya. Sebagai contoh, lele goreng yang disukai oleh banyak orang kurang direkomendasikan oleh pakar kesehatan. Sebaliknya, lele yang dikukus, direbus, dijadikan sup, atau dipanggang dianggap jauh lebih sehat untuk dikonsumsi.

Kaya protein
Setiap ekor lele bisa menyediakan 15,6 gram protein dan asam amino. Kerap mengkonsumsinya akan membuat sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat.

Kaya vitamin B12
Makan seekor ikan lele sudah mampu mencukupi 40 persen kebutuhan vitamin B12 harian. Hal ini akan membantu tubuh memecah makanan dan menyerap nutrisinya. Tak hanya itu, vitamin ini juga mendukung fungsi otak, saraf, dan proses pembentukan darah.

Kaya asam lemak sehat
Lele memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat tinggi, tepatnya 220 mg asam lemak omega 3 dan 875 mg omega 6 dalam setiap ekornya. Kandungan ini bisa membuat jantung dan fungsi kognitif otak tetap terjaga.

Rendah merkuri
Banyak orang yang khawatir untuk makan ikan karena adanya isu kandungan merkuri di dalamnya. Khusus untuk lele, ikan ini bebas dari logam berat yang berasal dari limbah pabrik dan rumah tangga ini sehingga aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja.