Suka Makan Kimchi Ternyata Baik Bagi Kesehatan Kulit

DokterSehat.Com– Tak hanya dikenal akan serial drama atau lagu-lagunya, makanan khas Korea Selatan juga kini mulai banyak digandrungi oleh anak muda tanah air. Rasa masakan khas Korea memang sangat unik dan menggoyang lidah. Tak hanya itu, kecenderungan masyarakat Korea yang suka dengan makanan sehat juga disebut-sebut bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu makanan khas Korea yang paling terkenal dan menyehatkan adalah kimchi.



Mengkonsumsi kimchi secara teratur ternyata berkhasiat untuk menurunkan resiko tertular penyakit kulit dermatitis atopik, semacam penyakit eksim, hingga mencapai 32 persen. Fakta ini diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Korea Selatan, yakni Profesor Park Yookyoung yang berasal dari Kyung Hee University di Seoul.

Dalam penelitian yang melibatkan 7.221 partisipan yang berasal dari Korea Selatan pada tahun 2010 hingga 2012 ini, disebutkan bahwa bahan makanan tradisional yang terbuat dari fermentasi sayuran seperti acar timun dan lobak ini memang sangat baik bagi kesehatan. Jika kita rutin mengkonsumsi kimchi ini sebanyak 85 hingga 158 gram atau sekali hingga tiga porsi dalam sehari, maka kita akan menurunkan resiko tertular penyakit dermatitis atopik dengan signifikan.

Dalam penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam Journal of Clinical Nutition Asia Pasific ini, para peneliti juga mempertimbangkan banyak faktor seperti jenis kelamin, usia, kebiasaan merokok dan menenggak minuman alkohol, dan kondisi lainnya. Professor Park sendiri menyebutkan bahwa meskipun termasuk dalam makanan yang sehat, cukup banyak orang yang khawatir akan tingginya kadar garam dari kimchi ini. Namun, menurut beliau, kimchi termasuk dalam makanan yang kaya akan nutrisi baik, khususnya bagi kesehatan kulit.