Suka Makan Daging Merah? Awas Resiko Radang Usus

DokterSehat.Com – Daging merah adalah salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat. Sayangnya, dibalik kelezatan dari daging merah, pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi makanan ini bisa meningkatkan resiko terkena peradangan usus atau diverkulitis. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-daging-merah-gagal-ginjal-picu-obesitas

Karena kini semakin banyak orang yang menyukai konsumsi daging merah, jumlah penderita radang usus, khususnya di kalangan anak muda, juga cenderung meningkat. Yang mengerikan adalah, empat persen dari para penderita radang usus ini pada akhirnya terkena berbagai masalah kesehatan yang lebih serius layaknya pembengkakan usus, fistula atau organ tubuh yang berlubang, hingga sensasi tertusuk pada dinding usus.

Andrew Chan, pakar kesehatan yang berasal dari Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, melakukan sebuah penelitian untuk mempelajari kasus radang usus ini dalam 26 tahun terakhir. Beliau meneliti data riwayat medis dari 46.500 pasien di Amerika Serikat dimana dalam sekali dalam empat tahun, para pasien ini diminta untuk menjelaskan kebiasaan mengkonsumsi daging, baik itu daging merah, daging unggas, ataupun daging ikan.

Hasilnya adalah, setidaknya ada 764 pasien yang terkena masalah diverkulitis, dimana kebanyakan pasien dari kelompok ini memiliki hobi mengkonsumsi daging merah. Selain itu, mereka juga cenderung menerapkan gaya hidup buruk layaknya merokok, malas berolahraga, dan lebih banyak mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Setelah meneliti seluruh faktor resiko, Chan pun menyimpulkan jika mereka yang suka mengkonsumsi daging merah akan memiliki resiko 60 persen lebih besar untuk terkena penyakit radang usus jika dibandingkan dengan mereka yang tidak begitu suka mengkonsumsi daging. Dengan adanya fakta ini, ada baiknya memang kita lebih baik dalam menjaga asupan makanan yang seimbang dan pola makan yang sehat agar bisa lebih baik dalam mencegah berbagai macam penyakit, termasuk radang usus.