Suka Makan Cilok? Jajanan Ini Ternyata Banyak Manfaat Kesehatannya, Lho

DokterSehat.Com– Cilok, cimol, atau cilor adalah beberapa jenis jajanan yang bisa kita dapatkan dengan mudah di pinggir jalan. Jajanan yang murah meriah ini memang memiliki rasa yang sangat nikmat sehingga memiliki cukup banyak penggemar. Tak disangka, cilok, cimol, cilor, dan berbagai jajanan lainnya yang terbuat dari tepung tapioka atau yang dikenal sebagai tepung kanji dan aci ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat tersebut?

doktersehat-cimol-cilok

Baik bagi kesehatan saluran pencernaan
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tepung tapioka ternyata kaya akan kandungan selenium, tembaga, mangan, besi, kalsium, asam folat, asam pantotenat, serat, hingga vitamin B6. Kandungan serat pada tepung tapioka inilah yang disebut-sebut bisa mencegah konstipasi, kanker usus besar, sekaligus melancarkan pencernaan.

Baik bagi kesehatan tulang
Kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin K dalam tepung tapioka membuat jajanan yang terbuat dari bahan ini bermanfaat bagi kesehatan tulang. Tak hanya mencegah datangnya masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis atau osteoarthritis, mengkonsumsi jajanan seperti cilok juga akan membuat kita memenuhi kebutuhan protein harian.

Menjaga berat badan tetap ideal
Tepung tapioka ternyata tidak memiliki kandungan kolesterol atau lemak jenuh sehingga cukup aman untuk dikonsumsi asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Mengkonsumsi jajanan seperti cilok yang terbuat dari tepung ini tentu akan membuat berat badan kita tetap ideal.

Menjaga tekanan darah
Kandungan kalium di dalam tepung tapioka ternyata bisa menurunkan stress pada pembuluh darah dan juga arteri. Tak hanya itu, kalium ternyata mampu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh kita.

Mencegah anemia
Kandungan zat besi di dalam tepung tapioka ternyata bisa membuat kita mencegah anemia sekaligus menjaga kelancaran sirkulasi darah.