Suka Makan Ceker Ayam? Rasakan Manfaat Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Meskipun kerap dianggap sebagai makanan yang menjijikkan, dalam realitanya masih ada banyak orang yang suka dengan ceker ayam. Apakah anda juga termasuk dalam orang yang suka dengan ceker ayam ini? Pakar kesehatan ternyata menyebutkan bahwa makanan ini kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.



Kaya kandungan kolagen
Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan menghasilkan fakta menarik tentang ceker ayam. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa ceker ayam ternyata kaya akan kandungan kolagen yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Baik bagi kesehatan gusi
Jika kita tidak mampu menjaga kebersihan gigi dan mulut, maka kita pun akan beresiko terkena masalah gusi. Selain itu, masalah gusi juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin dan nutrisi lainnya. Untungnya, hal ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi ceker ayam. Jaringan ikat dan tulang rawan dari ceker ayam disebut-sebut bisa meningkatkan kesehatan gusi karena kaya akan kolagen, asam amino, dan gelatin.

Membantu penyembuhan
Ceker ayam kaya akan kandungan protein dan kalsium, nutrisi yang penting bagi regenerasi saraf, otot, serta tulang. Dengan mengkonsumsi ceker ayam, maka kita juga akan membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Adanya nutrisi seperti kolagen, gelatin, dan mineral layaknya seng, tembaga, magnesium, kalsium, dan fosfor bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat sehingga kita pun tidak akan mudah jatuh sakit.

Menjaga kesehatan tulang
Kandungan kalsium, protein, kolagen, serta tulang rawan pada ceker ayam bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini akan mencegah kerapuhan tulang dan berbagai masalah tulang lainnya.

Jika anda tidak terbiasa untuk makan ceker ayam, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membuatnya menjadi kaldu yang juga tetap memiliki rasa yang lezat dan bergizi tinggi.