Suka Makan Buncis? Rasakan Manfaat Sehat Ini

doktersehat-buncis-sayur
Photo Credit: Mohammed Mahdi

DokterSehat.Com– Buncis termasuk dalam sayuran yang memiliki rasa yang enak dan harga yang murah. Kedua alasan inilah yang membuatnya kerap dijadikan lauk oleh masyarakat tanah air. Yang tidak diduga adalah, buncis ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara rutin seperti sebagai berikut.

Baik bagi kesehatan jantung
Buncis kaya akan kandungan antioksidan berupa flavonoid dan polifenol yang bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung, stroke, hingga berbagai penyakit mematikan lainnya.

Baik bagi program diet
Jika anda sedang ingin menurunkan berat badan, maka buncis bisa dijadikan lauk yang tepat untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kandungan kalori dan lemak dari buncis sehingga tidak akan mengganggu berat badan kita.

Baik bagi kesehatan mata
Layaknya wortel, buncis juga kaya akan kandungan yang baik bagi kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa kandungan di dalam sayuran berbentuk panjang ini mampu melindungi mata dari berbagai gangguan kesehatan, khususnya yang dipicu oleh paparan buruk sinar ultraviolet dari matahari.

Mencegah diabetes
Kandungan di dalam buncis ternyata juga baik bagi penderita diabetes. Dengan rutin mengkonsumsinya, maka kadar gula dalam darah bisa dijaga tetap stabil sehingga mencegah datangnya komplikasi berbahaya.

Membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat
Konsumsi buncis akan membuat kita mendapatkan nutrisi yang memperkuat sistem kekebalan tubuh layaknya antioksidan. Hal ini tentu akan membuat kita tidak mudah jatuh sakit.

Melihat adanya berbagai manfaat sehat ini, ada baiknya kita tidak ragu lagi untuk rutin makan buncis. Toh harganya juga cukup murah dan rasanya sangat enak kok.