Suka Konsumsi Junk Food? Awas Meningkatnya Resiko Alzheimer

DokterSehat.Com – Menjamurnya gerai makanan junk food di berbagai kota membuktikan bahwa makanan ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, kita bisa menemukan banyak orang mengkonsumsi makanan ini di tengah malam. Pakar kesehatan sudah berkali-kali menyerukan bahwa junk food sangatlah tidak sehat untuk dikonsumsi dan bahkan hal ini sebenarnya sudah diketahui oleh pecinta junk food. Namun, rasa yang enak dari makanan ini memang sangat menggoda. Padahal, andai kita sering mengkonsumsi junk food, ada resiko besar terkena berbagai penyakit berbahaya, termasuk diantaranya adalah Alzheimer.

doktersehat-burger-junk-food-kanker

Pakar kesehatan dr. William Grant dari Amerika Serikat menyebutkan jika Ia melakukan penelitian yang menunjukkan fakta bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi junk food akan beresiko besar mengalami Alzheimer di usia lanjut. Ia juga menyebutkan bahwa banyak pakar kesehatan lain di berbagai belahan dunia layaknya Jepang, Inggris, Korea Selatan, Brasil, atau bahkan India yang melakukan penelitian dengan tema yang sama dan pada akhirnya menghasilkan fakta yang sama; meningkatnya resiko terkena Alzheimer di hari tua, kanker, dan juga berbagai penyakit lain yang mematikan. Bahkan, pecinta junk food ini ditetapkan sebagai pemiliki resiko terkena Alzheimer paling tinggi.

Dr. Grant juga menyebutkan bahwa penelitian tentang junk food ini sudah dilakukan semenjak tahun 2008 dan ditemukan jika mereka yang menerapkan gaya hidup yang sehat layaknya sebagian masyarakat Korea Selatan dan Jepang yang suka mengkonsumsi sayuran, makanan mentah, dan makanan sehat lainnya, akan memiliki resiko paling rendah terkena penyakit Alzheimer. Hal ini berarti, ada baiknya kita memang mulai menerapkan gaya hidup sehat, khususnya dalam menata pola makan yang bergizi dan seimbang dengan mencukupi kebutuhan sayur dan buah setiap harinya.