Suka Jajanan Pedas Berlevel? Waspada Maag Hingga Hipertensi

DokterSehat.Com– Belakangan ini inovasi dunia kuliner tanah air mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Sebagai contoh, terdapat berbagai macam makanan yang memiliki level kepedasan tertentu yang sedang digandrungi banyak kawula muda. Meskipun bisa memberikan cita rasa yang unik dan nikmat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa jajanan-jajanan kekinian ini bisa jadi bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

doktersehat-mie-bakmi-makan

Pakar kesehatan di bidang gizi bernama Desy Nur Arista menyebutkan bahwa makanan yang pedas berlevel ini memang tidak akan masalah kesehatan yang berarti bagi mereka dengan kondisi kesehatan yang normal. Namun, bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti maag, hipertensi, atau bahkan diabetes, bisa jadi makanan-makanan ini kurang baik untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Sebagai contoh, kerap mengkonsumsi jajanan pedas berlevel akan memicu maag dan tukak lambung. Selain itu, jajanan yang tidak sehat lainnya juga bisa mempengaruhi kadar kolesterol hingga gula darah.

Pakar kesehatan lainnya bernama Leona Victoria juga menyebutkan adanya efek samping dari banyaknya jajanan-jajanan kekinian yang memiliki rasa pedas, manis, asin, atau bahkan berminyak. Tak hanya bisa memicu gangguan pada lambung, jajanan-jajanan ini bisa saja memiliki bumbu yang kaya akan kalori dan sodium sehingga akan menyebabkan masalah kesehatan seperti hipertensi, obesitas, atau retensi air.

Lantas, apakah kita tidak boleh mengkonsumsi jajanan-jajanan kekinian ini? Leona menyebutkan bahwa kita masih bisa mengkonsumsinya asalkan memang sebaiknya tidak terlalu sering. Sebagai contoh, satu atau dua kali mengkonsumsinya dalam sebulan dianggap sebagai frekuensi yang cukup aman. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi satu porsi untuk dibagi beberapa orang sehingga kita pun tidak mengkonsumsinya terlalu banyak.