Suka Daging Merah? Waspada Resiko Gagal Ginjal!

DokterSehat.Com – Daging sapi atau daging kambing adalah bahan makanan yang akan sangat nikmat jika diolah menjadi berbagai macam masakan. Banyak orang yang bahkan berkelakar jika andai daging yang termasuk dalam daging merah ini sudah sangat nikmat andai hanya dibakar saja. Jika kita adalah penggemar masakan daging merah layaknya daging sapi atau daging kambing berikut, siap-siap akan ada kabar buruk bagi kesehatan tubuh anda. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta bahwa mereka yang suka mengkonsumsi makanan dari daging merah akan cenderung meningkatkan resiko terkena penyakit gagal ginjal.

doktersehat-daging-merah-gagal-ginjal-picu-obesitas

Penelitian ini menyebutkan jika mereka yang suka mengkonsumsi daging merah dengan rutin akan memiliki resiko 40 persen lebih besar untuk terkena penyakit gagal ginjal stadium akhir. Biasanya, penderita penyakit mengerikan ini akan berakhir dengan sulitnya penanganan kesehatan dan kebutuhan akan dialisis atau transplantasi ginjal karena fungsi ginjalnya sudah tidak sesuai seperti sedia kala. Pakar kesehatan menyebutkan jika daging merah yang kaya akan kandungan lemak ternyata bisa mempengaruhi kinerja ginjal menjadi lebih berat sekaligus lebih berlemak. Hal inilah yang pada akhirnya membuat kesehatan dan kinerja ginjal semakin menurun.

Alih-alih sering mengkonsumsi daging merah, pakar kesehatan justru menyarankan kita untuk menggantinya dengan konsumsi produk protein layaknya telur atau produk susu dan kacang-kacangan. Makanan-makanan ini justru akan menurunkan resiko terkena penyakit ginjal hingga 62 persen. Angka ini tentu sangat signifikan, bukan?

Pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi daging merah memang bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan tubuh, mengingat bahan makanan ini kaya akan kandungan zat besi yang tentu baik bagi kesehatan darah kita. Sayangnya, kita kerap kali terlalu sering mengkonsumsinya sehingga kesehatan tubuh kita justru terganggu. Ada baiknya kurangi konsumsi daging merah jika kita memang masih sayang pada organ ginjal kita.