Suka Bersepeda? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Kini, semakin banyak orang yang memilih untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi ke berbagai tempat, khususnya ke tempat kerja. Dengan bersepeda, kita bisa mendapatkan tiga manfaat sekaligus; membuat kita berolahraga dengan rutin, mengurangi biaya transportasi harian, hingga ikut berkontribusi dalam menekan polusi udara yang masih dianggap sebagai masalah besar di area perkotaan.

doktersehat-bersepeda-pemanasan

Sebagai informasi, pada tahun 2015 lalu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa 70 hingga 80 persen penyebab polusi udara di area perkotaan disebabkan oleh alat transportasi, khususnya alat transportasi pribadi layaknya mobil atau sepeda motor yang jumlahnya semakin bertambah. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika polusi udara bisa memicu berbagai masalah kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan saluran pernafasan. Karena alasan inilah, ada baiknya kini kita mulai meningkatkan penggunan transportasi umum atau menggunakan sarana transportasi ramah lingkungan layaknya sepeda.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bersepeda bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya mampu membuat fisik kita semakin sehat dan bugar, bersepeda juga bisa memberikan manfaat bagi psikis, khususnya dalam hal meredakan stress. Tak harus melewati tempat-tempat dengan pemandangan indah layaknya taman atau alam pedesaaan, banyak orang yang mengaku pikirannya menjadi lebih tenang hanya dengan bersepeda di sekitar rumah atau di jalan-jalan besar sambil menikmati keadaan sekitarnya.

Karena alasan inilah, ada baiknya kita tak lagi hanya bersepeda di akhir pekan atau saat car free day saja. Dengan bersepeda secara rutin, kita bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak, membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sekaligus membuat jantung kita semakin sehat, membakar kalori yang tentu bisa berimbas pada menurunnya berat badan, hingga membuat sistem metabolisme tubuh semakin lancar. Hal ini tentu bisa berimbas pada tubuh yang semakin sehat dan bugar.