Suka Berenang? Segera Lepas Baju Renang Begitu Kita Selesai Berenang

DokterSehat.Com – Berenang adalah salah satu olahraga yang cukup banyak disukai oleh banyak orang. Bermain dengan air memang akan sangat mengasyikkan dan tanpa kita sadari, kita bisa berenang hingga berjam-jam lamanya. Setelah berenang, kita juga bisa bersantai di tepi kolam renang sambil ngobrol bersama dengan kawan-kawan atau bahkan sekadar menikmati camilan. Pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan bersantai setelah berenang dengan pakaian renang yang masih basah ternyata sangat tidak baik bagi tubuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-renang

Tanpa kita sadari, berlama-lama memakai baju renang yang basah akan ikut membuat kulit kita terpapar berbagai macam bakteri, khususnya yang berasal dari kolam renang yang bisa jadi berasal dari orang lain yang ikut memakai kolam renang tersebut. Kelembaban pada kulit, khususnya pada area organ vital akan membuatnya lebih rentan terkena bakteri sehingga bisa membuat masalah gatal-gatal pada kulit atau bahkan gangguan reproduksi. Bagi kaum hawa, hal ini bahkan bisa memicu penyakit kelamin vaginitis hingga infeksi pada saluran kemih. Tak hanya infeksi bakteri, infeksi jamur juga bisa terjadi mengingat lembabnya kulit kita saat memakai baju renang terlalu lama. Seringkali, infeksi jamur ini ditandai dengan rasa gatal-gatal yang luar biasa yang bisa terjadi pada beberapa bagian layaknya paha, pantat, dan beberapa bagian lain layaknya lipatan pada paha.

Pakar kesehatan Alyssa Dweck yang merupakan pakar kesehatan dari Obgyn Mount Sinai School of Medicine berkata jika andai kita ingin bersantai di kolam renang setelah berenang, ada baiknya kita sudah membilas tubuh dengan air bersih dan berganti pakaian yang lebih kering. Tak hanya akan menghindarkan kita dari masalah gatal-gatal akibat infeksi jamur atau bakteri, kita juga akan tidak mudah masuk angina karena memakai pakaian yang basah dalam waktu yang lama.