Suka Berenang Namun Tidak Ingin Rambut Rusak? Lakukan Hal Ini

DokterSehat.Com – Salah satu olahraga yang paling menyenangkan untuk dilakukan adalah berenang. Hanya saja, dibalik asyiknya melakukan olahraga air ini, ada resiko dimana kita bisa mengalami kerusakan rambut. Paparan sinar matahari dan klorin yang ada di dalam kolang renang memang bisa membuat rambut menjadi lebih kusut, kering, dan mengalami perubahan warna. Untuk mencegah kerusakan rambut ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan cara berikut ini.

doktersehat-renang

Menggunakan minyak rambut
Sebelum kita menceburkan diri ke kolam renang, ada baiknya kita memakai coconut oil atau olive oil pada rambut kita. Minyak ini memang bisa memberikan perlindungan bagi rambut dari paparan klorin yang ada pada air kolam renang yang memang bisa membuat kerusakan pada rambut.

Menggunakan tabir surya
Tahukah anda jika tabir surya ternyata bisa dipakai pada rambut selain pada kulit kita? Gunakan tabir surya yang memang diperuntukkan khusus bagi rambut demi melindungi bagian folikel rambut dan kulit kepala dari paparan sinar matahari saat melakukan olahraga air ini.

Langsung berkeramas setelah berenang
Setelah keluar dari air kolam renang, ada baiknya kita langsung berkeramas agar rambut bisa dibersihkan dari berbagai kotoran dan klorin yang ada dalam air kolam renang. Saat berkeramas, ada baiknya kita tidak menggunakan air hangat yang bisa membuat rambut rusak dan mudah rontok.

Jika rambut anda diwarnai, gunakan shampoo dan conditioner khusus
Jika anda termasuk dalam orang yang suka mewarnai rambut, maka ada baiknya anda menggunakan shampoo dan conditioner khusus setelah berenang. Dengan menggunakan shampoo khusus, maka kelembaban dan warna rambut ini bisa dijaga. Pakar kesehatan sendiri menyarankan penggunaan shampoo berjenis hydrating shampoo dan yang bebas dari bahan sulfat. Selain itu, gunakan pula conditioner khusus yang memang diperuntukkan bagi rambut yang diwarnai agar rambut tidak mudah rusak atau kering.