Suka Berdiri Di Angkutan Umum Ternyata Baik Untuk Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Salah satu alasan orang-orang cenderung memilih untuk memakai kendaraan pribadi alih-alih memakai transportasi umum adalah mereka tidak ingin berdiri dalam waktu yang lama saat menaiki bus atau kereta komuter. Padahal, pakar kesehatn menyebutkan jika berdiri di angkutan umum setiap hari memberikan dampak kesehatan positif bagi tubuh, khususnya dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung atau terkena diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-naik-angkutan-kota-angkot-baik-untuk-jantung

Sebuah penelitian dilakukan di School of Nutrition and Health Promotion, Arizona State University, kota Phoenix, Amerika Serikat. Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Glenn Gaesser menyebutkan jika penelitian ini melibatkan sembilan orang partisipan yang merupakan orang dewasa dengan masalah berat badan berlebihan atau obesitas. Dalam penelitian ini, para partisipan ini dicek gula darahnya secar rutin dan terus menerus. Tak hanya itu, gaya hidup mereka dalam hal seberapa lama duduk dan berdiri setiap hari, termasuk diantaranya dengan kebiasaan saat memakai transportasi umum juga diperhitungkan dalam penelitian ini.

Penelitian minggu pertama, para partisipan ini diminta untuk duduk dan berdiri selama beberapa waktu tertentu dengan interval 10 hingga 30 menit. Total mereka harus melakukan hal ini selama 2,5 jam setiap harinya. Minggu berikutnya, merka harus berjalan pelan di atas treadmill dan pekan terakhir, mereka harus bersepeda dengan kecepatan yang lambat.

Setelah melalui empat pekan, para partisipan yang melakukan kegiatan olahraga, sekecil dan sesantai apapun olahraganya akan mengalami penurunan glukosa hingga lima sampai 12 persen dalam sehari dimana mereka yang rutin bersepeda akan mengalami penurunan kadar gula darah yang paling besar. Yang menarik adalah, mereka yang rutin berdiri juga mengalami penurunan kadar gula darah yang lebih besar dari mereka yang duduk dalam waktu yang lama.

Baca Juga:  Waspada Demensia

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mulai memakai angkutan umum yang akan “memaksa” kita untuk berjalan menuju ke tempat pemberhentian angkutan umum dan bisa membuat kita berolahraga dengan berdiri di dalamnya demi kesehatan jantung dan juga menurunnya resiko terkena diabetes.