Suka Begadang Ternyata Bisa Membuat Seseorang Lebih Kreatif dan Cerdas

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan telah berkali-kali menyebutkan bahwa begadang di malam hari bisa menyebabkan kita meningkatkan resiko terkena berbagai macam penyakit. Namun, sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan fakta bahwa mereka yang suka begadang ternyata cenderung lebih cerdas dan kreatif, bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kaki-kasur-tidur

Penelitian yang dilakukan di London School of Economics ini berhasil menemukan fakta bahwa mereka yang memiliki IQ yang lebih tinggi cenderung lebih banyak beraktifitas di di malam hari. Pada waktu tersebut, mereka cenderung lebih banyak membaca, melakukan riset, dan melakukan berbagai hal positif lainnya. Penelitian lain yang dilakukan di Catholic University of the Sacred Heart yang ada di Milan, Italia, juga menyebutkan bahwa mereka yang tidur dengan lebih larut cenderung memiliki kreatifitas yang lebih tinggi. Salah seorang yang terlibat dalam penelitian terakhir, Marina Giamperto, menyebutkan bahwa mereka yang bangun di pagi hari memang cenderung lebih produktif, namun, mereka yang tidur lebih malam ternyata cenderung lebih kreatif.

Dalam penelitian terakhir, diketahui bahwa mereka yang membutuhkan waktu lebih lama untuk terlelap ternyata akan menggunakan waktu di malam hari dengan lebih baik. Waktu ini cenderung dimaksimalkan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau mendapatkan ilmu yang Ia butuhkan. Kemampuan kognitifnya cenderung meningkat saat cahaya dan suara menurun. Tak hanya itu, mereka juga cenderung memiliki tingkat stress yang lebih rendah andai beraktifitas di malam hari.

Penelitian lain yang dilakukan di Westminster menyebutkan bahwa mereka yang bangun pagi cenderung memiliki kadar hormon kortisol, hormon penyebab stress, yang lebih banyak pada tubuhnya jika dibandingkan dengan mereka yang bangun lebih siang. Dr. Angela Clow, salah seorang peneliti yang terlibat, menyebutkan bahwa mereka yang bangun lebih pagi memang lebih baik dalam berkonsentrasi, namun, mereka juga cenderung lebih sibuk dan cenderung lebih marah. Hal ini berbeda dengan mereka yang sering begadang dan bangun siang yang cenderung lebih santai namun tetap produktif.