Sugar Face, Masalah Kesehatan Yang Diakibatkan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika masyarakat modern kini mengkonsumsi gula harian jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan masyarakat pada puluhan tahun yang lalu. Karena alasan inilah, kini ada semakin banyak orang yang mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan tingginya kadar gula dalam darah, khususnya penyakit diabetes, penyakit ginjal, atau bahkan penyakit pada organ hati. Banyak orang yang bahkan sudah memulai konsumsi gula secara berlebihan sejak usia anak-anak karena banyak orang tua yang menganggap makanan manis akan disukai anak-anak. Padahal, hal ini bisa berimbas sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satu dampak konsumsi gula berlebihan adalah dengan munculnya sugar face. Sebuah kondisi dimana pada wajah kita muncul tanda-tanda kesehatan yang diakibatkan oleh tingginya konsumsi gula.

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Pakar kesehatan Tamara Griffith dari The British Association of Dermatologist berkata jika kita mengkonsumsi banyak makanan manis, maka kadar gula dalam darah meningkat dengan tajam dan memicu fluktuasi hormon insulin. Jika hal ini terjadi, maka tubuh akan mengalami resistansi insulin yang bisa saja berimbas pada proses penuaan dini pada wajah. Kandungan gula yang berlebihan ini akan membuat kolagen pada kulit terpecah sehingga kulit akan kehilangan kesegarannya. Sugar face sendiri sangat mudah dikenali dengan munculnya jerawat, semakin memucatnya kulit, hingga munculnya lingkaran hitam pada area bawah mata.

Griffith juga berkata jika kita banyak mengkonsumsi makanan bergula, tubuh akan memiliki kecenderungan lebih mudah mengalami dehidrasi. Hal ini bisa memicu kenaikan produksi minyak pada kulit yang pada akhirnya memicu keluarnya jerawat dan kulit yang kusam dan kasar.

Untuk mengatasi sugar face, mau tidak mau kita tentu harus mengubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat, khususnya dalam menata pola makan dengan diet yang jauh lebih seimbang. Menurut pakar kesehatan yang berasal dari National Health Service, ada baiknya kita juga mulai membatasi asupan gula dalam sehari maksimal hanya 30 gram saja agar masalah kesehatan layaknya sugar face tidak muncul.