Sudahkan Kita Memakai Celana Dalam Dengan Benar?

DokterSehat.Com – Kita kerap kali menyepelekan penggunaan celana dalam karena menganggapnya seperti pakaian kita pada umumnya. Padahal, andai kita tidak benar dalam memakainya, area kelamin tentu akan beresiko mengalami masalah kesehatan dari masalah kulit atau bahkan yang berbahaya adalah masalah kesuburan. Sebenarnya, apa sajakah kesalahan dalam penggunaan celana dalam yang cukup sering kita lakukan?

doktersehat-underwear-beha-bh-celana-dalam

Malas Mengganti Celana Dalam
Seberapa sering kita mengganti celana dalam? Karena tidak terlalu banyak tersentuh benda lain atau bahkan kotoran, banyak dari kita yang malas menggantinya bahkan hingga berhari-hari. Padahal, celana dalam yang lama tidak diganti akan membuat area selangkangan kita memiliki banyak jamur atau bakteri yang tentu akan membuat kita mudah terkena infeksi pada kulit yang tentu akan sangat berbahaya.

Tetap Memakai Celana Dalam Saat Tidur
Sudah berkali-kali pakar kesehatan menyerukan pentingnya tidur tanpa memakai celana dalam. Dengan tidak memakainya saat tidur, kita bisa membuat area kelamin mendapatkan sirkulasi udara dengan baik dan tidak mudah lembab sehingga tidak akan mudah mengalami masalah kulit pada area kelamin.

Memakai Celana Dalam Dengan Ukuran yang Tidak Tepat
Banyak dari kita yang asal membeli celana dalam sehingga yang terjadi justru kita memakai celana dalam yang kekecilan. Padahal, selain tidak nyaman karena ketatnya celana dalam, celana dalam yang kekecilan juga akan beresiko memicu iritasi pada area kelamin karena seringnya gesekan yang terjadi. Sebaliknya, celana dalam yang terlalu besar juga akan sangat tidak nyaman untuk dipakai.

Memakai Jenis dan Bahan Celana Dalam yang Kurang Baik
Hanya karena faktor harga, kadangkala kita tidak memperhatikan bahan dan jenis celana dalam yang nyaman untuk digunakan. Sebagai contoh, ada baiknya kita tidak memakai celana dalam yang terlalu kecil layaknya jenis g-string yang kurang nyaman. Tak hanya itu, bahan layaknya sutra dan satin akan sangat tidak baik bagi sirkulasi udara area kelamin yang tentu akan bisa membuat jamur dan bakteri berkembang dengan pesat.