Sudah Tidur Cukup Namun di Kantor Tetap Ngantuk? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com– Hari Senin seringkali menjadi hari yang menyebalkan bagi banyak orang karena mereka harus kembali bekerja, bukannya bersantai seperti saat akhir pekan yang baru saja berlalu. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang bahkan merasa kantuknya tak kunjung menghilang setelah sampai di tempat kerja meskipun mereka sudah tidur cukup semalaman. Sebenarnya, apa penyebab dari munculnya rasa kantuk yang tak kunjung menghilang ini?

doktersehat-ngantuk-kopi-kerja-kurang-tidur-kantor

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita sudah tidur dalam waktu yang cukup, yakni sekitar 7 atau 9 jam lamanya di malan hari namun tetap saja merasa lelah, lemas, dan mengantuk, maka dikhawatirkan kita mengalami hypersomnia, sebuah kondisi yang membuat kita terus mengantuk. Biasanya, hypersomnia disebabkan oleh kualitas tidur yang buruk meskipun durasi tidur sudah cukup lama. Penyebab menurunnya kualitas tidur juga bermacam-macam, seperti fenomena ketindihan, sleep apnea, mendengkur, atau beberapa kali terbangun di malam hari.

Tak hanya karena masalah hypersomnia ini, kadangkala rasa kantuk yang tidak kunjung menghilang meski sudah tidur cukup disebabkan oleh kebiasaan yang kita lakukan saat akhir pekan kemarin. Sebagai contoh, banyak orang yang cenderung malas-malasan dan bangun sangat siang, tidak berolahraga, kurang konsumsi air, tidur dengan menempatkan ponsel dekat dengan tubuh, atau menghisap ganja. Jika kita tidak melakukan hal-hal tersebut, bisa jadi rasa kantuk ini disebabkan oleh stress yang berlebihan sehingga kita pun merasa tempat kerja sebagai tempat yang tidak nyaman bagi pikiran.

Demi mencegah datangnya rasa kantuk yang berlebihan ini, pastikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, bukan hanya yang lama, rutin berolahraga yang bisa membuat tubuh bugar dan segar, serta mengelola stress dengan lebih baik agar pikiran kita juga menjadi lebih segar.