Sudah Tepatkah Bra Anda?

DokterSehat.com – Payudara merupakan salah satu organ tubuh sensitif yang dimiliki wanita. Pemakaian bra yang tidak tepat akan mengakibatkan kerusakan permanen bahkan dapat menyebabkan munculnya penyakit berbahaya.



Bra yang terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi darah dan mengakibatkan iritasi. Jika terlalu longgar bisa membuat payudara kendur akibat kurang ditopang. Supaya payudara Anda tetap sehat dan indah, sebaiknya gunakan bra yang tepat. Berikut adalah tips memilih bra yang tepat untuk Anda:

1. Pilihlah bra yang pas. Bra yang pas bisa menahan payudara Anda dengan baik tanpa menekan kulit sehingga meninggalkan bekas di kulit pundak ataupun punggung. Sebelum membeli cobalah bra terlebih dahulu, jangan hanya mengira-ngira ukuran bra.

2. Sebaiknya jangan membeli bra saat payudara membesar sebelum atau selama haid. Bila membeli bra pada masa-masa itu dikhawatirkan ukuran bra yang Anda pilih akan terlalu besar. Padahal dalam kondisi normal ukuran payudara Anda tidak sebesar pada masa-masa itu. Biasanya payudara juga akan membesar saat hamil dan menyusui sehingga Anda butuh bra yang lebih besar dari biasanya.

3. Ukuran bra ditunjukkan dengan lingkar tubuh bagian dada dan besarnya payudara. Ukuran bra dalam lingkar dada dinyatakan dalam angka, misalnya 32, 34, 36 (AS), atau 70, 75, 80 (Eropa/Internasional). Ukuran besarnya payudara dinyatakan dalam huruf, yaitu A, B, C, dst. Ketahui ukuran mana yang pas untuk payudara Anda. Jika ukuran payudara berbeda antara sebelah kanan dan kiri maka pilihlah ukuran payudara yang lebih besar untuk patokan.

4. Untuk kegiatan sehari-hari pilihlah bra yang terbuat dari bahan katun atau serat mikro.Bahan ini berpori-pori dan mengikuti kontur tubuh sehingga kulit bisa bernapas bebas. Hindari memakai bra yang sudah tidak lentur lagi bila dipakai.

Baca Juga:  Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

5. Pilihlah tali bra yang elastis supaya dapat memberikan fleksibilitas dan kenyamanan jika Anda menyesuaikannya dengan tepat. Tapi, jangan gunakan tali bra yang terlalu lentur karena kurang mampu menopang payudara Anda yang cukup besar.

6. Anda bebas memilih mangkuk bra yang berbusa atau tidak asalkan bra nyaman digunakan. Mangkuk bra tanpa busa akan terasa lebih kencang tapi kemungkinan kurang nyaman ketimbang bra yang berbusa. Anda bisa menggunakan kedua jenis bra ini berganti-ganti sesuai kenyamanan Anda.

7. Saat berolahraga Anda membutuhkan bra khusus untuk menopang payudara. Bra khusus ini mampu mengurangi guncangan pada payudara tanpa membuatnya tertekan. Karena itulah bra khusus olahraga tidak memiliki kerangka dan bertali besar yang terikat kuat untuk memberikan dukungan maksimal. Tali bra mungkin akan menyilang di punggung seperti membentuk huruf X atau Y agar Anda lebih leluasa bergerak. Bahan bra pun biasanya berpori-pori supaya dapat menyerap dan mengeringkan keringat. Pastikan bra yang Anda gunakan nyaman digunakan saat berolahrga. Cobalah bra terlebih dahulu sambil melakukan gerakan-gerakan tertentu untuk memastikan nyaman tidaknya bra.