Sudah Merokok Sejak Usia Muda? Awas, Resiko Terkena Penyakit Jantung Naik 8 Kali Lipat!

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika rokok adalah salah satu pemicu masalah kesehatan yang sangat berbahaya. Sayangnya, karena faktor pergaulan, keinginan untuk terlihat macho, atau bahkan karena ingin menghilangkan stress, banyak orang yang pada akhirnya merokok semenjak usia yang sangat muda. Padahal, andai seseorang merokok dalam waktu yang lama, Ia beresiko tinggi terkena masalah kesehatan serius layaknya penyakit jantung, kanker, stroke, atau bahkan masalah kesuburan. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta mengerikan dimana resiko terkena penyakit jantung akan meningkat hingga 8 kali lipat andai seseorang merokok sejak usia sangat dini.

doktersehat-rokok-pasif

Ever D. Grech, seorang pakar kesehatan yang berasal dari Northern General Hospital yang ada di Inggris melakukan sebuah penelitian yang menghasilkan fakta mengerikan tersebut. Grech menggunakan pola ST-Segmen Elevasi untuk mengukur apa yang terjadi pada organ jantung para perokok. Dari penelitian yang hasilnya terlihat pada eletrokardiogram, terlihat jelas bahwa otot-otot jantung milik para pecandu rokok sangatlah tidak sehat dan mengalami gangguan fungsi.

Grech menyebutkan jika semakin muda seseorang mulai menjadi perokok, sebagai contoh andai seseorang merokok semenjak usia 10 atau 11 tahun, maka resiko untuk mendapatkan penyakit arteri koroner bisa meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan yang tidak merokok. Selain itu, para pecandu rokok ini juga akan sangat mudah terkena penyakit pembuluh darah perifer, penyakit yang terjadi karena adanya penumpukan lemak pada pembuluh darah sehingga aliran darah ke bagian kaki pun mengalami hambatan.

Tak ada solusi apapun bagi para perokok untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung ini selain dengan kemauan mereka sendiri untuk benar-benar berhenti merokok. Demi kesehatan tubuh, ada baiknya memang kita tidak lagi menikmati asap rokok karena memiliki dampak kesehatan yang sangat mengerikan.