Sudah Menjadi Vegetarian Tapi Masih Beresiko Terkena Penyakit Jantung?

DokterSehat.Com – Masih terdapat sebuah anggapan yang dipercaya oleh banyak orang dimana seseorang yang menjadi vegetarian akan membuat kesehatan tubuhnya semakin terjaga. Memang, seorang vegetarian kan cenderung memiliki pola makan yang sangat sehat sepanjang hari. Namun, sebuah penelitian justru menunjukkan fakta mengejutkan jika seorang vegetarian ternyata juga masih berpotensi terkena penyakit. Tak tanggung-tanggung, resiko terkena penyakit ini adalah penyakit jantung yang sangat mematikan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-Aneurisma-jantung-aorta

Pakar kesehatan menyebutkan jika resiko terkena penyakit jantung ini dimiliki oleh mereka yang menjadi vegetarian yang disebabkan karena kebiasaan keluarga. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan jika seseorang menjadi vegetarian dalam waktu yang lama, maka DNA tubuhnya akan cenderung lebih mudah terkena peradangan dan beresiko tinggi terkena kanker dan masalah jantung. DNA akan mengalami mutasi akibat para vegetarian yang kerap menyerap asam lemak dari sayuran atau tumbuh-tumbuhan. Di dalam tubuh, produksi asam bernama arachidonic pun akan meningkat drastis sehingga peradangan dan juga resiko kanker pun meningkat.

Kebanyakan vegetarian juga menerapkan diet tinggi minyak sayur yang bisa membuat produksi asam arachidonic menjadi lebih tinggi. Meskipun minyak sayur kaya akan asam lemak yang baik, asam yang seharusnya bisa melindungi tubuh dari masalah kesehatan pada jantung justru menjadi asam arachidonic yang berbahaya ini. Selain penyakit jantung, pakar kesehatan juga berpendapat jika para vegetarian akan cenderung beresiko terkena kanker usus lebih tinggi 40 persen jika dibandingkan dengan mereka yang banyak memakan daging merah. Padahal, banyak mengkonsumsi daging merah juga akan menambah resiko terkena kanker, bukan?

Memang, para vegetarian akan cenderung terbebas dari penyakit diabetes dan obesitas. Hanya saja, pola makan vegetarian ternyata juga berpotensi membuat tubuh kekurangan asupan vitamin D, vitamin B 12, kalsium, zat besi, hingga protein setiap harinya. Pakar kesehatan pun menyarankan para vegetarian untuk tidak sembarangan mengkonsumsi sayuran dan mempertimbangkan keseimbangan nilai gizi sehingga kondisi tubuhnya pun tetap sehat.