Sudah Mandi Namun Badan Masih Terasa Gatal-Gatal dan Kurang Bersih? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com– Mandi dilakukan agar badan kita menjadi lebih bersih, segar dan nyaman. Tak hanya membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk melakukan aktifitas, mandi juga akan membuat kita tidur dengan lebih nyenyak. Namun, kadangkala kita merasakan sensasi kurang bersih atau bahkan gatal-gatal setelah mandi. Apa penyebab dari hal ini?

doktersehat-mandi

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun kita sudah mandi dengan cara yang benar atau memakai sabun yang tepat, hal ini tidak akan berguna jika air yang kita gunakan ternyata masih kotor. Tanpa kita sadari, air yang kita gunakan baik itu air sumur atau bahkan air keran yang disediakan perusahaan penyedia air kadangkala kurang berkualitas sehingga membuat kita merasakan sensasi badan kurang bersih setelah mandi.

Pakar kesehatan dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, MH.Kes, menyebutkan bahwa syarat air yang berkualitas untuk mandi adalah tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa, bening, jernih, serta memiliki kandungan pH diantara 6,5 dan 8,5. Yang menjadi masalah adalah, kita cenderung hanya bisa merasakan atau melihat apakah air ini bening atau tidak, berbau atau tidak, atau berasa atau tidak saat kita gunakan untuk berkumur-kumur. Kadangkala air ini tidak memiliki pH yang baik sehingga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit, termasuk dalam hal menyebabkan masalah gatal-gatal tau bahkan memicu jerawat.

Tak hanya buruk bagi kesehatan kulit, hal ini juga bisa berimbas pada kesehatan rambut kita. Air yang kotor jika kita gunakan untuk berkeramas secara rutin tentu akan membuat rambut lepek, rusak, atau bahkan berketombe.

Melihat adanya fakta ini, cobalah untuk mengganti air yang kita gunakan untuk mandi jika kita selalu merasakan sensasi tidak bersih setelah mandi.