Sudah Kurus Namun Terus Mengeluh Gendut? Bisa Jadi Terkena Gangguan Jiwa

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah melihat seseorang yang selalu saja mengeluhkan badannya yang gendut padahal menurut kita badannya sudah cukup ideal. Menurut pakar kesehatan, orang yang selalu mengeluhkan kondisi badannya ini bisa jadi ternyata terkena gangguan jiwa! Seperti apakah gangguan jiwa tersebut.

doktersehat-wanita-susah-kurus-diet

Dalam dunia medis, mereka yang memiliki obsesi yang kuat pada bentuk tubuh secara negatif disebut sebagai pengidap body dysmorphic disorder (BDD). Biasanya, penderita BDD akan selalu mengeluhkan penampilan tubuhnya yang dianggap tidak sempurna. Bukannya bersyukur dengan apa yang telah dimiliki, mereka justru terlalu terobsesi dengan ketidaksempurnaan pada tubuhnya yang seringkali terlihat sepele seperti tubuh yang pendek atau adanya sedikit lemak pada perut sehingga akan berusaha mati-matian untuk mengatasinya.

Pengidap BDD bisa dianggap sebagai mereka yang melakukan perilaku obsesif-kompulsif atau tindakan yang berulang-ulang namun tidak disadari seperti kerap bercermin, kerap menimbang badan, memakai riasan yang dianggap bisa membuat tampilan lebih ramping, dan lain sebagainya. Bahkan, sebagian pengidap BDD bisa menjalankan operasi plastik demi mendapatkan penampilan yang Ia idam-idamkan.

Berbeda dengan mereka yang merawat tubuhnya atau berusaha untuk mendapatkan berat badan ideal karena ingin mendapatkan penampilan yang lebih baik atau badan yang lebih sehat, penderita BDD cenderung mencari kesempurnaan yang tidak masuk akal. Bahkan, mereka bisa mengalami stress atau kecemasan untuk hal yang dianggap kurang penting bagi orang lain.

Gangguan jiwa BDD kerap kali muncul pada masa remaja atau mulai beranjak dewasa. Tak hanya mendambakan badan yang kurus, penderita BDD juga bisa mendambakan kulit yang mulus dan cantik, rambut yang indah, hingga fitur wajah yang ideal seperti hidung mancung, gigi rata, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Ingin Tubuh Tetap Langsing Meski Malas Berolahraga? Lakukan Tips Ini

Penyebab dari gangguan jiwa ini masih belum diketahui meskipun pakar kesehatan menduga jika faktor biologis dan lingkungan sangat mempengaruhinya. Selain itu, faktor traumatik atau konflik emosional pada saat anak-anak yang bisa menyebabkan penurunan rasa percaya diri juga bisa menjadi penyebabnya.

Jadi jika anda kerap merasa badan kurang ideal meskipun teman atau keluarga anda berkata sebaliknya, ada baiknya anda berpikir apakah anda mengalami gejala penyakit kejiwaan ini atau tidak.