Sudah Benarkah Asupan Susu Setiap Hari Untuk Anda?

DokterSehat.Com – Susu adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar susu (mamae), baik dari binatang maupun dari buah dada seorang ibu. Air susu ibu biasa dikenal dengan ASI, sedangkan susu hewan atau susu tiruan sebagai pengganti susu ibu disebut Pengganti Air Susu Ibu atau PASI pada umumnya adalah air susu dari berbagai binatang ternak, misalnya sapi, kerbau, kambing dan ada pula yang mempergunakan air susu unta atau kuda.



Susu yang mempunyai banyak kalsium sebaiknya diminum dengan porsi yang benar. Terus sebaiknya berapa gelas seharusnya kita minum susu setiap hari?

Asupan kalsium yang berbeda-beda berdasarkan umur membuat porsi minum susu pada manusia juga berbeda. Para ahli berpendapat bahwa porsi yang benar minum susu adalah 2-3 porsi setiap harinya.

Satu porsi susu sama dengan 200 ml susu, atau setara dengan satu botol sedang yogurt, atau keju seukuran kotak korek api, Menurut Epi Taufik, SPt, MVPH, Msi, Ph.D.

Susu merupakan sumber zat gizi untuk manusia, memang zat gizi bukan hanya dari susu saja. Ada banyak sumber makanan untuk memenuhi zat gizi ini terutama kebutuhan kalsium seperti tedapat pada ikan salmon dan brokoli. Akan tetapi susu mempunya bayak kelebihan dibanding dengan yang lainnya. Selain enak, susu juga mempunyai daya cerna 100 persen, yang artinya seluruh zat yang ada dalam susu dipergunakan semua oleh metabolisme tubuh kita.

Kandungan zat gigi pada susu sangat komplit, yang meliputi vitamin, lemak, protein dan mineral. Dari semua bahan makanan lainnya yang bergizi setara, mutu susu tetap lebih baik.

Di Indonesia kesadaran akan minum susu masih sangat rendah, Jadi mari budayakan minum susu. Tentunya dengan sesuai porsinya.