Kanker Pankreas – Subtipe Baru Kanker Pankreas

Temuan penelitian baru yang dirilis pada 2016 dapat mengubah aspek kanker pankreas. Peneliti melaporkan analisis genomik 456 terhadap adenokarsinoma duktus pankreas. Analisis ekspresi genetika selanjutnya dari adenokarsinoma ini membagi adenokarsinoma menjadi empat subtipe. Subtipe ini belum pernah dilihat sebelumnya. Berikut adalah daftar keempat subtipe baru ini:

doktersehat-kanker-pankreas

  • Squamous: Jenis tumor ini telah memperkaya mutasi TP53 dan KDMA.
  • Progenitor pankreas: Tumor jenis ini mengekspresikan gen yang terlibat dalam pengembangan pankreas seperti FOXA2 / 3, PDX1, dan MNX1.
  • Aberrantly differentiated endocrine exocrine (ADEX): Tumor ini menunjukkan peningkatan regulasi gen (KRAS) dan diferensiasi eksokrin (NR5A2 dan RBPJL) dan endokrin (NEUROD1 dan NKX2-2).
  • Imunogenik: Tumor ini mengandung jalur yang terlibat dalam supresi imunitas yang didapat (acquired immune suppression).

Temuan ini memungkinkan pasien kanker pankreas depan diperlakukan lebih spesifik di kemudian hari dan, mudah-mudahan terapi dapat lebih efektif. Misalnya, orang dengan subtipe imunogenik mungkin merespons terapi dimana sistem kekebalan tubuh direkayasa ulang untuk menyerang jenis sel kanker pankreas ini.

Penanganan kanker pankreas
Penanganan optimal adenokarsinoma pankreas bergantung pada tingkat penyakitnya. Tingkat kanker dapat dibagi menjadi tiga kategori berikut:

  • Lokal: Kanker benar-benar terbatas di dalam pankreas.
  • Lokal lanjut: Kanker telah menyebar dari pankreas untuk melibatkan pembuluh darah di dekatnya atau organ di dkeatnya dengan perluasan secara langsung.
  • Metastasis: Kanker telah menyebar di luar pankreas ke bagian tubuh yang lain.
Kanker Pankreas – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10