Suara Ternyata Berkontribusi Besar Dalam Kenyamanan Tidur

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengakui sulit mendapatkan tidur yang nyenyak karena lingkungan tempat tinggalnya yang cenderung sangat berisik. Memang, beberapa orang tidak akan terpengaruh meskipun ada kegaduhan di sekitarnya dan tetap akan tidur dengan nyenyak. Hanya saja, pakar kesehatan justru menyebutkan jika suara ternyata berkolerasi dengan kenyamanan seseorang saat tidur. Selain bisa mengganggu, suara-suara tertentu ternyata juga bisa membuat seseorang mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik.



Pakar kesehatan yang mendalami bidang kesehatan biobehavioral, sebuah ilmu yang terkait dengan perilaku, lingkungan, sosial, hingga biologi, melakukan sebuah penelitian yang mengaitkan suara-suara dengan kebiasaan tidur manusia. Pakar yang bernama Orfeu Buxton ini melakukan percobaan dengan memasang bunyi-bunyian helikopter namun cenderung datar dengan volume yang semakin keras secara perlahan-lahan. Meskipun suara helikopter cenderung sangat bising, pengaturan volume dan kedataran suara ternyata tidak membangunkan pasien rumah sakit. Uniknya, jika telepon atau alarm seseorang berbunyi dengan menghentak layaknya klakson mobil, maka otak manusia pun akan langsung aktif dan bisa membuatnya terbangun dengan cepat.

Orfeu Buxton menjelaskan bahwa hal ini disebabkan karena otak kita sudah terbiasa dengan rangsangan dimana jika ada bunyi-bunyian yang menghentak layaknya teriakan, maka kita pun akan segera waspada karena meresponnya sebagai sebuah ancaman. Hal yang berkebalikan justru terjadi jika kita membunyikan suara-suara yang cenderung dekat dengan alam layaknya deburan ombak, tetesan air hujan, atau bahkan gemerecik air di sungai yang cenderung konstan dan datar justru membuat otak memberikan respon lebih tenang dan bisa menyebabkan seseorang mendapatkan waktu tidur yang lebih tenang.

Percobaan ini menjelaskan mengapa banyak orang yang terganggu dengan suara bising dan membuatnya kesulitan untuk tidur. Hanya saja, percobaan ini juga memberikan solusi bagi kita yang ingin mendapatkan waktu tidur yang jauh lebih berkualitas. Cobalah untuk membunyikan suara yang dekat dengan alam dan menenangkan sehingga kita pun akan tidur dengan jauh lebih nyenyak semalaman.