Suara Bising Bisa Picu Kematian

Doktersehat.com – Tahukah Anda bahwa suara mesin, knalpot dan klakson yang terdengar bersahut-sahutan dan sangat memekakkan telinga tidak hanya menimbulkan polusi suara dan menyakitkan telinga suara, tapi suara bising tersebut juga bisa mematikan.



Para ahli dari World Health Organization dan European Commission telah menyimpulkan bahwa suara bising merupakan penyebab nomor dua kematian dan penyakit yang diakibatkan faktor lingkungan. Sedangkan posisi pertama merupakan polusi udara.

Dalam penelitian itu terungkap bahwa terdapat hubungan antara suara bising jalan raya dengan tekanan darah tinggi serta tingkat hormon stres, bahkan ketika seseorang tengah tidur. Dengan bergulirnya waktu, hal itu dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung. Demikian yang dinukil dari Genius Beauty.
Selain di jalan raya, suara mesin di tempat kerja juga dapat mempengaruhi kesehatan pekerjanya. Efek kebisingan terhadap kesehatan tergantung dari: intensitas, frekuensi, kontinuitas, dan variasi waktu paparan.

Ada beberapa cara sederhana untuk menentukan bahwa tingkat suara di tempat kerja terlalu keras yaitu :
1. Apabila anda harus berteriak atau berbicara keras dari jarak rentangan tangan untuk dapat dimengerti oleh lawan bicara.
2. Apabila telinga anda berdengung, jika anda meninggalkan lokasi kerja.
3. Apabila anda merasa kesulitan menangkap pembicaraan biasa setelah bekerja.
4. Apabila anda merasa pusing atau mengantuk akibat kebisingan .
5. Apabila setelah diperiksa oleh dokter dan ternyata anda memiliki gangguan pendengaran seperti yang dialami oleh rekan kerja anda dalam satu unit.

Kebisingan dengan intensitas tinggi akan merusak sel rambut di bagian dalam telinga dan mengurangi kemampuan telinga untuk mendengar dan menghantarkan informasi ke otak. Apabila sel rambut ini rusak, tidak dapat diperbaiki, sehingga kehilangan pendengaran yang terjadi akan permanen. Gangguan lain yang dapat diakibatkan oleh bising diantaranya: pusing, mengantuk, tekanan darah tinggi, stres emosional yang dapat diikuti gangguan pada saluran pencernaan, sulit tidur, sakit jantung, kehilangan konsentrasi, sampai disfungsi seksual.

Baca Juga:  Sayuran Hijau Juga Bisa Membahayakan Kesehatan

Jika pekerjaan mengharuskan Anda berada dalam ruangan yang bising selama berjam-jam. Sebaiknya gunakan penyumbat dan pelindung telinga untuk mengurangi jumlah suara yang masuk ke telinga.

Dari berbagai sumber