Suara Berisik Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Suara berisik yang didengarkan secara terus menerus ternyata juga bukan hanya mengganggu focus anda saat sedang mengerjakan sesuatu, namun juga sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh University Of Pennsylvania School Of Medicine menemukan efek suara bising juga berbahaya bagi kesehatan. Lebih tepatnya lagi beresiko memicu penyakit jantung, performa kognitif dan gangguan tidur. Sebagai mana dikutip dari penjelasan seorang peneliti, Mathias Basner melalui situs Huffington Post menjelaskan, saat kita tidur dan mendengar suara berisik, tubuh akan mengalami gangguan sulit tidur.



Yang akhirnya berakibat pada tubuh menjadi lemas dan tidak bugar, jelasnya. Suara berisik juga memicu tekanan darah tinggi dan peningkatan produksi hormone penyebab stress. Dan jika hal tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang lama, polusi suara tersebut bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular.

Bahkan sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris melihat kebisingan dan jumlah pasien rumah sakit disekitar bandara di Landon Heathrow. Sebuah tim peneliti terpisah lain melakukan analisa terhadap enam juta warga AS yang tinggal di dekat 89 bandara Amerika. Kedua hasil riset yang dipublikasikan di British Medical Journa (BMJ) menunjukan, warga yang sehari-hari harus mendengarkan suara-suara bising yang di hasilkan oleh pesawat terbang yang hendak terbang maupun mendarat akan semakin beresiko tinggi terkena penyakit jantung dan bahkan penyakit stroke. Para peneliti memaparkan, resikonya hingga 10 sampai 20 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang tinggal ditempat yang lebih sunyi dan tenang. Tim peneliti kemudian menginvestigasikan jika penyakit stroke dan jantung yang berkaitan dengan suara pesawat pada sekitar 3,6 juta warga yang tinggal dekat dengan bandara Heathrow salah satu bendara tersibuk didunia.

Baca Juga:  Tanda-Tanda dan Cara mengatasi Anak Saat Tidak Nyaman

Penelitian tersebut diselenggarakan menyusul perdebatan yang terjadi puluhan tahun yang lalu akan adanya kemungkinan perluasan bandara di London. Tahun 2030 jumlah penumpang pesawat di Inggris diperkirakan akan mengalami lonjakan hingga dua kali lebih banyak menjadi 300 juta orang. Untuk itu dengan adanya penelitian lapangan seperti ini, para peneliti menghimbau, bahwa keputusan kebijakan haruslah mempertimbangkan masalah kesehatan, termasuk efek suara lingkungan terhadap kesehatan kardiovaskular pada tubuh manusia. Meski kebisingan kerap ditimbulkan dari masalah yang datang dari luar, para peneliti juga menyarankan untuk lebih berhati-hati pada gaya hidup anda seperti kebiasaan mendengarkan music dengan volume yang keras atau tinggal ditempat yang rentan dengan kebisingan.