Studi Terbaru: Obesitas Membuat Otak Kita Menjadi 10 Tahun Lebih Tua Dari Umur Kita

DokterSehat.Com – Masalah berat badan atau obesitas telah menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan bagi banyak pihak. Bagaimana tidak, obesitas bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya layaknya kanker, serangan jantung, diabetes, dan lain sebagainya. Bahkan, kini ada sebuah penelitian terbaru yang menunjukkan fakta mengerikan dimana obesitas ternyata juga bisa berimbas pada kesehatan otak. Penelitian yang dilakukan di Cambridge Centre for Aging and Neuroscience ini menghasilkan fakta bahwa mereka yang kegemukan akan memiliki otak dengan usia 10 tahun lebih tua jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan yang normal.

doktersehat-perut-diet-buncit-belly-jamu-galian-singset

Secara alami, otak akan kehilangan bagian putihnya yang merupakan area dimana penyebaran informasi berada. Namun, jika berat badan kita berlebihan, bagian putih ini akan cenderung lebih cepat menghilang. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan pada 437 partisipan dengan rentang usia 20 hingga 87 tahun. Para partisipan ini kemudian dibagi menjadi golongan usia dan juga kondisi berat badan mereka; dari yang normal, hingga yang kelebihan berat badan. Hasilnya adalah, mereka yang kelebihan berat badan memiliki volume bagian putih otak yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan yang normal meskipun usia mereka sama.

Pakar kesehatan dari University of Cambridge bernama dr. Lisa Ronan menyebutkan jika penelitian ini menunjukkan fakta bahwa obesitas adalah masalah keseahtan yang rumit dan memberikan dampak kesehatan ke berbagai bagian tubuh, termasuk diantaranya adalah otak. Adanya penemuan ini membuat kita harus lebih waspada akan masalah berat badan dan ada baiknya mulai menerapkan gaya hidup yang sehat sehingga kita pun akan tetap mendapatkan berat badan yang ideal sekaligus fungsi otak yang tetap terjaga baik.