Studi: Rata-Rata Masyarakat Indonesia Kehilangan Keperawanan Pada Usia 19 Tahun

DokterSehat.Com – Sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Durex’s Face of Global Sex memberikan fakta yang cukup kontroversial, khususnya bagi negara-negara Asia Tenggara layaknya di Indonesia. Bagaimana tidak, meskipun memiliki citra di dunia sebagai negara yang  memiliki pemahaman beragama yang cukup baik, hasil studi ini justru menyebutkan jika rata-rata masyarakat Indonesia kehilangan keperawanan di usia yang sangat muda, yakni di usia 19 tahun. Pada usia yang sama, angka ini setara dengan rata-rata masyarakat di negara-negara yang cenderung permisif dengan seks bebas layaknya di Jepang, Spanyol, atau bahkan Polandia.

doktersehat-pasangan-seks

Meskipun terlihat sangat mengenaskan, sebenarnya angka ini tidak serta-merta menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mulai menggemari dunia seks bebas di usia muda. Dalam realitanya, pernikahan dengan usia yang masih sangat muda masih banyak dilakukan masyarakat tanah air. Tak hanya di desa-desa, di area perkotaan juga sangat mudah menemukan pasangan berusia remaja yang memutuskan untuk menikah dini. Lagipula, secara undang-undang, usia 16 tahun sudah dianggap sebagai usia yang cukup bagi seseorang untuk menikah. Banyaknya pasangan yang menikah muda ini diyakini ikut berandil besar pada hasil studi di atas.

Namun, bukan berarti kita menutup mata akan bahaya seks bebas yang memang mulai banyak dilakukan generasi muda dan telah mengundang banyak pihak. Telah banyak dilakukan penyuluhan, baik itu dari otoritas kesehatan, masyarakat, pemuka agama, hingga orang tua dalam mendidik anaknya agar menghindari hal ini karena adanya resiko tinggi terkena penyakit menular seksual, meskipun memang hal ini dianggap masih belum cukup.

Dari penelitian ini, diketahui bahwa usia rata-rata masyarakat kehilangan keperawanan di negara Asia layaknya Tiongkok dan Malaysia masih cukup dewasa, yakni pada usia 22,1 dan juga 23 tahun. Masyarakat di Eropa layaknya Perancis, Inggris, atau Swiss, dan juga Amerika Serikat dan Kanada, yang memang banyak menganut kehidupan seks bebas rata-rata kehilangan keperawanan pada usia 18 tahunan. Rata-rata masyarakat yang paling muda saat memulai hubungan intim diketahui berasal dari Islandia, yakni pada usia 15,6 tahun.