Stroke Usus / Kolitis Iskemik – Gejala

Kolitis iskemik sangat banyak terjadi seperti penyakit arteri koroner. Kedua kondisi yang disebabkan oleh aliran penurunan darah di hati dan yang lainnya di usus besar. Jadi, faktor-faktor risiko untuk kolitis iskemik yang sangat mirip dengan penyakit jantung koroner dan stroke: usia lebih dari 50 tahun, merokok, memiliki riwayat tekanan darah tinggi, memiliki kolesterol tinggi.

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

Ada beberapa bukti terbaru bahwa beberapa pasien dengan masalah ini menderita kelainan didapat atau bawaan pada pembekuan darah yang disebut “kondisi hiperkoagulasi.” Pembekuan darah adalah fungsi tubuh yang penting. Proses pembekuan darah terjadi ketika kita terluka agar menghentikan perdarahan, namun darah tidak seharusnya menggumpal dalam arteri dan vena. Jika darah menggumpal di dalam arteri dan vena, gumpalan tersebut dapat memblok aliran darah ke organ, seperti usus besar. Studi terbaru menunjukkan bahwa kondisi hiperkoagulasi yang mendasari dapat menyebabkan pembekuan darah tersebut dan menjadi penyebab beberapa kasus kolitis iskemik. Kadang-kadang, seorang individu akan memiliki penyakit tanpa ada faktor risiko yang teridentifikasi.

Gejala kolitis Iskemik
Ketika sel-sel mulai mati dan jaringan mati, pasien biasanya mengalami sakit perut yang parah. Setelah beberapa saat, terjadi diare berdarah dengan gumpalan gelap terjadi. Mungkin ada mual dan muntah.

Bagaimana Dokter Tahu
Diagnosis yang akurat adalah langkah pertama dalam perawatan. Adanya riwayat pasien mengalami sakit perut dan diare berdarah menimbulkan kecurigaan. Meskipun terjadi nyeri perut yang parah, seringkali ada nyeri yang tak terduga pada saat dokter memeriksa area perut pasien. Pemeriksaan tambahan seperti tes darah, CT scan, dan rontgen sering membantu dalam membuat diagnosis. Jika diagnosis masih belum jelas, pemeriksaan kolonoskopi terbatas dapat diminta untuk memvisualisasikan lapisan dalam seperti kasus yang sering terjadi.

Baca Juga:  Rambut Rontok - Definisi dan Penyebab

Jika penyakit oklusi “stroke usus” dicurigai, pemeriksaan arteriogram perut dapat disarankan. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan menggunakan sinar X untuk arteri di bagian perut, seperti kateterisasi jantung. Jika penyempitan arteri ditemukan, dan searah dengan gejala dan penyebab kasus kolitis iskemik, balon angioplasty dapat dilakukan untuk membuka segmen pembuluh darah yang menyempit. Hal ini mirip dengan prosedur dilakukan pada pasien dengan penyakit jantung koroner.