Stroke Usus / Kolitis Iskemik – Definisi

Stroke usus adalah keadaan di mana sebagian dari usus besar menjadi meradang dan ulserasi akibat kekurangan darah yang kaya oksigen.

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

Semua organ tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi yang dibawa dalam aliran darah. Jika aliran darah terganggu selama lebih dari beberapa menit, sel-sel mulai mati dan kerusakan terjadi pada organ tersebut. Contoh khas adalah serangan jantung. Serangan jantung terjadi ketika gumpalan darah menyebabkan penyumbatan pada arteri di jantung. Bagian dari otot jantung mati dan digantikan oleh jaringan parut. Contoh lain bagi kebanyakan orang adalah stroke, atau “serangan otak”. Stroke terjadi ketika gumpalan darah menyebabkan penyumbatan pada arteri di otak. Bagian dari otak mati dan kelumpuhan sering terjadi.

Iskemik Kolitis – “Stroke Usus”. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa proses yang sama dapat terjadi pada usus besar. Kondisi ini disebut kolitis iskemik. Kata Iskemia berarti kekurangan darah. Kolitis berarti radang usus besar. Pada orang dengan kolitis iskemik, sebagian dari usus besar menjadi meradang dan ulserasi akibat kekurangan darah yang kaya oksigen. Kolitis iskemik dapat dianggap menyerupai “stroke” di usus besar. Jika aliran darah ke usus besar berkurang, kerusakan terjadi pada lapisan dalam, atau mukosa. Jika kerusakan cukup parah, mukosa akan mati dan akan menyisakan luka berbentuk kawah, yang disebut ulkus.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kolitis iskemik atau “stroke usus”, beberapa anatomi dasar harus diketahui. Mungkin sulit untuk percaya, tetapi rata-rata saluran pencernaan orang dewasa memiliki panjang sekitar 9 meter. Makanan turun ke esofagus (kerongkongan) lalu masuk ke dalam kantung lambung di mana asam pencernaan akan mencerna. Proses pencernaan yang sebenarnya dan penyerapan nutrisi terjadi dalam usus kecil (6 meter). Sedangkan 1 meter dari saluran pencernaan akhir disebut usus besar. Di sinilah limbah pencernaan diolah dan diserap kembali ke dalam aliran darah.

Baca Juga:  Impetigo - Penyebab, Gejala, dan Diagnosis

Usus Tidak Bisa Makan Sendiri
Meskipun usus kita memproses semua makanan yang kita makan, mereka tidak dapat mengambil nutrisi atau oksigen langsung dari makanan tersebut. Sebaliknya, seperti semua organ tubuh lainnya, nutrisi untuk usus tergantung pada aliran darah. Jantung memompa darah ke dalam aorta abdominal, arteri utama yang masuk perut. Aorta abdominal memiliki tiga cabang samping yang membawa darah langsung ke saluran pencernaan. Masing-masing memiliki wilayah yang berbeda.