Stroke dan Penyakit Jantung, Penyakit Pembunuh Paling Utama di Indonesia

DokterSehat.Com – Pakar Kesehatan Indonesia menyebutkan jika dari 10 penyakit pembunuh paling utama di Indonesia, Stroke dan Penyakit jantung termasuk dalam daftar tersebut. Yang sangat mengkhawatirkan adalah, penderita penyakit jantung dan stroke kini tidak lagi mereka yang hidup di kota-kota dan berasal dari kalangan menengah ke atas saja, melainkan kini juga bisa diderita oleh mereka yang tinggal di daerah dan hidup dalam kondisi ekonomi yang biasa-biasa saja. Secara global, kasus penderita penyakit kardiovaskular yang mencakup stroke dan penyakit jantung yang akhirnya meregang nyawa bisa mencapai 17,3 juta setiap tahunnya.

doktersehat-jantung-koroner-jantungkoroner-penyakit

Dari data yang diambil pada Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas pada tahun 2013 saja, rasio penderita stroke di Indonesia meningkat tajam dimana pada tahun 2007 rasionya hanyalah 8,3 pada setiap 1.000 penduduk, sementara itu, pada tahun 2013 kemarin, 12,1 orang pada setiap 1.000 penduduk  di Indonesia bisa terkena stroke. Bahkan, seiring dengan bertambahnya usia, resiko untuk terkena kedua penyakit mematikan ini akan terus meningkat, tanpa mengenal jenis kelamin.

Pakar keseahtan dari PERKI atau Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia yang bernama dr. Anwar Santoso, SpJP(K) pun mengungkapkan jika masyarakat sebaiknya semakin baik dalam menjaga kesehatan organ jantungnya mengingat organ ini sangat vital dalam menyuplai darah ke seluruh tubuh tanpa henti. Belakangan ini, masyarakat Indonesia semakin banyak yang menerapkan gaya hidup yang buruk, khususnya dalam hal pola makan sehingga semakin menurunkan kesehatan organ jantung.

Dr. Anwar sendiri menyarankan kita untuk lebih pandai dalam memilih makanan yang sehat bagi organ jantung sehingga fungsi dari jantung pun tetap berjalan seperti sedia kala. Selain itu, lakukan pula olahraga rutin yang bisa membuat jantung tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari resiko terkena penyakit jantung.