Stroberi Memberikan Efek Ini Pada Tubuh Kita, Lho!

DokterSehat.Com– Salah satu buah yang sangat disukai oleh banyak orang adalah stroberi. Buah yang memiliki rasa kombinasi antara asam dan manis ini bisa memberikan sensasi segar saat dikonsumsi. Tak hanya enak, pakar kesehatan menyebutkan jika ada cukup banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari stroberi, khususnya dalam hal membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Bagaimana tidak, stroberi ternyata bisa memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 1,4 kali dari kebutuhan harian tubuh. Sebenarnya, apa sajakah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi stroberi?



Membantu mencegah datangnya penyakit
Tak hanya kaya akan vitamin C yang membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, stroberi juga kaya akan serat dan antioksidan yang mampu membuat kita menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, diabetes, degenerasi macula pada mata, hingga katarak.

Mengatasi rematik
Buah stroberi ternyata juga memiliki sifat anti peradangan sehingga mampu mengatasi masalah rematik. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Harvard University, Amerika Serikat, disebutkan bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi setidaknya 16 buah stroberi setiap minggunya akan menurunkan resiko terkena rematik hingga 14 persen lebih rendah.

Menghambat perkembangan kanker
Stroberi ternyata kaya akan kandungam asam ellagic yang secara efektif menghambat perkembangan sel kanker. Sifat anti radikal bebas yang ada dalam buah ini juga akan membuat kita terhindar dari salah satu penyakit mematikan ini.

Membantu penyerapan zat besi
Kandungan vitamin C dan sifat asam dari stroberi ternyata akan membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan dengan lebih baik.

Baik untuk program diet
Tahukah anda jika di dalam satu gelas stroberi yang berukuran sekitar 320 gram, kita hanya akan menemukan 45 kalori tanpa adanya lemak sama sekali? Pakar kesehatan pun menyarankan konsumsi buah ini sebagai pendukung program diet yang menyehatkan sekaligus menjaga berat badan tetap ideal.