Stroberi, Buah Segar yang Mampu Membantu Menurunkan Kolesterol

DokterSehat.Com – Salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang adalah buah stroberi. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, kesegaran buah stroberi juga bisa kita dapatkan andai kita mengolahnya menjadi jus. Tahukah anda, dibalik kesegaran buah ini, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah kemampuannya membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita.

doktersehat-Strawberries-buah-antioksidan

Manfaat luar biasa dari stroberi ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan gabungan dari Universitas Politecnica Delle Marche atau UNIVPM yang ada di Italia dengan Universities of Salamanca, Granada, & Sevilla, yang berasal dari Spanyol. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan melibatkan 23 responden yang diminta untuk mengkonsumsi buah stroberi secara rutin setiap hari.

Sebelum penelitian, para responden ini dicek dulu kondisi kesehatan darahnya. Setelah itu, mereka pun memulai fase penelitian dengan mengkonsumsi stroberi secara rutin. Setelah diperiksa kembali kondisi darahnya, diketahui bahwa jumlah total dari kolesterol jahat atau lipoprotein low-density (LDL) dan kadar trigliserida para responden menurun dengan signifikan. Kadar LDL bisa menurun hingga 13, 72 persen dan kadar trigliserida bisa menurun hingga 20,8 persen. Yang menarik adalah, kadar kolesterol total menurun sebanyak 8,78 persen dan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) justru tidak mengalami perubahan berarti.

Rutin memakan stroberi juga akan meningkatkan profil lipid plasma umum, fungsi trombosit, dan antioksidan layaknya vitamin C. Saat para partisipan kemudian tidak mengkonsumsi stoberi kembali selama 15 hari setelah fase tes terakhir, diketahui bahwa parameter kesehatan darah ini kembali normal seperti sebelumnya.

Maurizo Battino dari UNIVPM menyebutkan jika stroberi memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat dan mampu membuat kadar kolesterol dalam darah menjadi lebih stabil. Selain itu, konsumsi buah ini juga akan membuat kita lebih terlindungi dari radiasi sinar UV, membuat sel darah merah lebih kuat, dan membuat kapastias antioksidan darah meningkat. Andai kita rutin mengkonsumsinya, resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah pun akan semakin menurun.