Stretch Mark, Guratan Pada Kulit yang Mengganggu Kepercayaan Diri

DokterSehat.Com – Seiring dengan bertambahnya usia manusia, kulit manusia juga biasanya semakin mengendur, khususnya jika tubuh memiliki kandungan lemak di bawah kulit yang tentu membuat kulit menjadi lebih teregang. Kondisi ini bisa memicu sebuah masalah kulit yang disebut sebagai stretch mark atau semacam guratan kulit yang biasanya cukup panjang namun membuat kulit menjadi kurang sedap dipandang.

doktersehat-perut-gendut

Stretch mark sendiri biasanya disebabkan oleh meregangnya lapisan dermis pada kulit dan regangan ini melebihi batas maksimal fleksibilitas kulit sehingga lapisan dermis pecah dan membentuk kerutan yang bisa jadi sangat panjang dan tidak beraturan. Stretch mark sendiri bisa disebabkan karena adanya masalah hormon, khususnya yang terjadi pada ibu hamil yang mengalami perubahan hormon secara signifikan sekaligus ukuran perut yang semakin membesar sehingga memicu peregangan kulit secara masif. Adanya hormon pertumbuhan yang membuat manusia tumbuh dengan cepat juga bisa menjadi penyebab, meskipun stretch mark biasanya lebih sering terjadi pada pertumbuhan yang berkaitan dengan berat badan, bukannya tinggi badan. Disamping itu, kondisi lemak yang bertumpuk layaknya karena masalah obesitas juga bisa menjadi penyebab stretch mark.

Stretch mark memang bisa mengurangi kepercayaan diri, mengingat kulit yang berada di dekat perut, area pusar, lengan, punggung, pantat, atau bahkan payudara biasanya menjadi tidak nyaman dipandang. Memang, kini kita bisa menemukan obat layaknya salep atau krim yang diklaim mampu mengobati stretch mark, namun, banyak orang yang berkata bahwa tidak semua stretch mark akan mudah hilang sehingga kita harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan terapi yang biasanya berupa terapi laser yang berharga mahal hanya demi menghilangkan stretch mark.

Mengingat stretch mark sering menyerang ibu hamil, maka ada baiknya ibu hamil memakai stagen di area perut untuk mencegah munculnya stretch mark ini sekaligus menahan beban rahim. Kita juga tentu harus pandai-pandai menjaga berat badan agar tidak mengalami kenaikan berat badan dalam waktu singkat sehingga perut pun tidak mudah meregang dan menghasilkans tretch mark.

Baca Juga:  Cara Menghitung Usia Kehamilan