Stretch Mark, Guratan-Guratan Pada Kulit yang Membuat Wanita Tidak Percaya Diri

DokterSehat.Com Stretch mark atau yang sering dikenal dengan guratan peregangan kulit sering dialami oleh kebanyakan wanita terutama wanita hamil ataupun wanita-wanita yang bertubuh gemuk. Guratan-guratan tersebut biasanya berwarna merah kecoklatan dan berbentuk seperti alur-alur bekas cakaran pada permukaan kulit. Guratan-guratan ini paling sering muncul pada betis, paha, bokong, perut dan lengan bagian atas. Guratan-guratan ini muncul akibat peregangan berlebihan dari kulit yang terjadi secara cepat yang menyebabkan gejala sisa pada lapisan dibawah sel-sel epidermis yang tidak elastis. Hal ini menyebabkan hilangnya jaringan kolagen kulit sehingga bagian tersebut akan berwarna gelap.

doktersehat-selulit-gendut-gemuk-perut

Stretch mark dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu stretch mark alba yang berwarna putih yang banyak diderita pada orang-orang obesitas dan stretch mark rubra yang berwarna merah muda hingga kehitaman yang banyak diderita oleh ibu hamil. Angka kejadian stretchmark akan meningkat apabila seseorang kekurangan vitamin A, C, dan E. Guratan-guratan ini membuat banyak wanita tidak percaya apabila kulitnya terlihat oleh orang lain.

Sebenarnya tidak ada cara baku yang saat ini digunakan untuk menghilangkannya. Dari sisi medis, pembedahan dinilai dapat menjadi cara praktis untuk menghilangkannya namun memiliki resiko yang cukup tinggi. Suntikan vitamin dan obat-obatan juga harus dengan pengawasan ketat dokter spesialis kulit kelamin. Namun, beberapa cara alami yang dinilai masih cukup aman yang dapat kita praktekkan dirumah:

  1. Jeruk lemon

Air lemon memngandung asam sitrat yang dapat membantu mengurangi munculnya bekas luka, jerawat ataupun stretch mark. Air lemon dapat dicampurkan dengan air hangat agar dapat membantu memperlancar pembuluh darah dipermukaan kulit ke area tersebut.

  1. Putih telur dengan minyak zaitun

Putih telur banyak mengandung asam amino dan protein untuk memperkaya jaringan kolagen paga kulit sehingga kulit lebih elastis dan memperbaiki sel-sel kulit mati. Campuran putih telur dengan minyak zaitun dapat memperbaiki peyerapan dan mengurangi iritasi pada kulit.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu obat tradisional yang telah lama digunakan. Lidah buaya atau aloe vera kaya akan vitamin E yang mampu merawat peremajaan kulit serta memberikan kelembapan alami pada kulit. Pemakain secara terarur diharapkan dapat mengurangi timbulnya stretch mark.

  1. Parutan kentang dan wortel

Kentang dan wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terutama vitamin A dan E yang mampu memberikan kesehatan pada kulit

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur merupakan hal yang paling penting dalam merawat kesehatan kulit. Olahraga dapat membantu memperlancar aliran darah, mengatur keseimbangan hormon terutama kelenjar-kelenjar di bawah kulit serta membuat kulit kencang. Olahraga adalah hal yang terpenting disamping bahan-bahan herbal yang disebutkan di atas.