Stres Sampai Membuat Kita Seperti Ini? Segera Atasi Agar Tidak Semakin Parah

doktersehat-stres-picu-demensia

DokterSehat.Com– Gaya hidup manusia modern cenderung membuat kita rentan terkena stres. Tak hanya tekanan pekerjaan yang berat, kemacetan lalu lintas, atau bahkan himpitan ekonomi bisa berimbas buruk bagi kesehatan mental. Meskipun terlihat sepele, stres bisa berlanjut menjadi masalah kesehatan yang lebih serius seperti depresi atau bahkan masalah kardiovaskular.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai sinyal stress yang membuat nafsu makan bertambah dengan drastis, jantung kerap berdebar-debar, hingga kecemasan yang berlebihan sehingga membuat kita susah tidur. Jika tanda-tanda ini dibiarkan, bisa jadi kondisi fisik dan mental kita akan terkena imbasnya.

Untuk mengatasi stres, ada baiknya kita mulai melakukan latihan pernafasan, yoga, atau meditasi. Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah menarik nafas dalam-dalam demi menurunkan tingkat stress sekaligus membuat tubuh lebih rileks. Jika Anda belum tahu cara melakukan yoga atau meditasi dengan baik, cobalah melakukan child pose atau posisi tidur bayi tengkurap yang bisa menenangkan saraf-saraf di dalam tubuh. Cukup dengan melakukan posisi ini selama 20 detik beberapa kali, maka kita bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, khususnya yang menuju ke otak.

Cara lain yang bisa membuat kita mengatasi stres adalah dengan memanjakan diri, baik itu dengan mengambil cuti untuk bersantai atau liburan ke tempat yang memiliki pemandangan alam yang baik, atau melakukan perawatan tubuh. Selain itu, cobalah untuk melakukan olahraga yang bisa membuat pikiran terbebas dari berbagai tekanan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Jangan sampai lampiaskan stress dengan benda-benda yang tidak sehat seperti rokok, minuman beralkohol, atau obat-obatan tertentu karena justru bisa membuat kondisi kesehatan semakin memburuk.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik